Pengembangan Modul P5 Fermentasi Jeroan Ikan Pada Materi Bioteknologi Konvensional Berbasis Kearifan Lokal Untuk Implementasi Kurikulum Medeka di SMA

Authors

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Modul P5, bioteknologi konvensional

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila P5 masih memerlukan penuntun yang terlibat dalam aktivitas belajar secara ko kurikuler Kurangnya pengembangan media berupa modul proyek di sekolah menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam menerima pembelajaran dalam bentuk proyek Tujuan penelitian adalah mengembangkan dan menghasilkan suatu produk media pembelajaran biologi melalui modul P5 fermentasi jeroan ikan pada materi bioteknologi konvensional berbasis kearifan lokal untuk implementasi Kurikulum Merdeka di SMA Katolik Don Bosco Bitung serta mengetahui kelayakan dari media yang telah dikembangkan Model yang digunakan yaitu model ADDIE: Analysis Design Development Implementation and Evaluation< em> menggunakan instrumen tes yaitu wawancara dan angket Hasil penelitian menunjukkan bahwa validator ahli media memperoleh 91 65 mencapai kriteria sangat valid validator ahli materi memperoleh 90 93 penilaian guru mata pelajaran biologi memperoleh 96 42 dan penilaian respon peserta didik memperoleh rata rata 91 27 Modul P5 Fermentasi Jeroan Ikan pada Materi Bioteknologi Konvensional Berbasis Kearifan Lokal untuk Implementasi Kurikulum Merdeka di SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran < p>

References

Downloads

Published

2024-12-02