Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMAN 1 TondanoPengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem di SMAN 1 Tondano

Authors

Keywords:

Project based learning, hasil belajar, ekosistem

Abstract

Kurangnya ketertarikan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajan biologi pada materi ekosistem di SMAN 1 Tondano Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh model project based learning< em> pada hasil belajar siswa khususnya materi ekosistem di SMAN 1 Tondano Metode yang digunakan adalah eksperimen semu melalui desain pretest posttest control group< em> Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol Data dikumpulkan melalui kegiatan pretest< em> dan posttest< em> Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pada pretest< em> 34 71 dan posttest< em> 65 74 untuk kelas kontrol sedangkan untuk kelas eksperimen pretest< em> 41 18 dan posttest< em> 81 76 nbsp;Model pembelajaran PjBL lebih baik daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa materi kosistem nbsp; kelas X nbsp; SMAN 1 Tondano < p>

References

Downloads

Published

2024-12-04