Penerapan Konsekuensi Logis untuk meningkatkan Disiplin Belajar Siswa kelas VIII Pada Pembelajaran Biologi Sekolah Lentera Harapan Jati Agung

Authors

  • Andre Torar Universitas Negeri Manado
  • Jantje Ngangi Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado
  • Emma Moko Universitas Negeri Manado
  • Fanny N Nanlohy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Disiplin belajar, konsekuensi logis

Abstract

ABSTRAK

              Disiplin belajar merupakan suatu keadaan di mana siswa taat dan mempraktikan peraturan yang berlaku di dalam kelas. Namun realitanya berdasarkan sumber-sumber data penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas VIII Sekolah Lentera Harapan Jati Agung belum menunjukkan sikap disiplin dalam belajar. Oleh karena itu, dipilih penerapan konsekuensi logis untuk meningkatkan disiplin belajar tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui penerapan konsekuensi logis dapat meningkatkan disiplin belajar dan bagaiamana langkah-langkah penerapan konsekuensi logis sehingga dapat meningkatkan disiplin belajar.  Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Pelton. Peneltian ini dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan yaitu pada 23 oktober 2018 dan 26 oktober 2018 dengan melibatkan 29 siswa kelas VIII. Instrumen yang digunakan sebagai sumber data, yaitu lembar observasi tindakan, lembar observasi masalah, lembar panduan wawancara teman sejawat, catatan lapangan mentor, angket siswa, jurnal refleksi, RPP dan umpan balik mentor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk indikator pertama terjadi peningkatan 45,5% - 65%, sedangkan untuk indikator kedua terjadi peningkatan 75% - 87,5%.  Berdasarkan hasil analisis data dari seluruh instrumen yang digunakan, maka disimpulkan bahwa penerapan konsekuensi logis dapat meningkatkan disiplin belajar siswa pada pembelajaran biologi.

Kata kunci: Disiplin belajar, konsekuensi logis

 

ABSTRACT

            Discipline in learning process is a condition which students have to obey the rules in classroom. However, the reality based on the data resources showed that grade VIII students in Lentara Harapan School at Jati Agung were lacking of discipline in learning process. Therefore, the researcher implemented logical consequences to improve learning discipline. The aim of this research was knowing does the logical consequences’s implementation can improve learning discipline and to know the steps of logical consequences’s implementation could improve the learning discipline. The method used in this research was a Classroom Action Research (CAR) model Pelton. The research conducted two times of meeting which were October  2018 and October  2018. The subjects of this research were 29 grade VIII students. Data resources used were action observation, issue observation, guidance colleague interview, mentor notes, students questionnaire, reflection journal, lesson plan, and mentor feedback. The results showed that for the first indicator there was an increase of 45.5% - 65%, while for the second indicator there was an increase of 75% - 87.5%. Based on the analysis result of data resources, therefore concluded that implementation of logical consequences could improve learning discipline in learning biologi.

Keywords: Learning discipline, logical consequences

Downloads

Published

2021-08-19