Pembelajaran Biologi Menggunakan Filosofi Mapalus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Alfhiah Mia Qusnul Khotimah Universitas Negeri Manado
  • Herry Maurits Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Decky DW Kamagi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Mapalus, hereditas, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

            Penelitian ini menggunakan mapalus sebagai metode belajar yang belum pernah diterapkan sebelumnya ke dalam pembelajaran sedangkan di dalam sistem kerja mapalus terdapat nilai-nilai seperti solidaritas, responsibilitas, gotong royong, good leadership, disiplis, kesetaraan dan kepercayaan, yang diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang lebih berbudaya dan sejalan dengan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui filosofi mapalus diterapkan ke dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi genetika (pola-pola hereditas). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa dengan perolehan nilai baik ada 2 orang (12,5%), siswa dengan nilai cukup 2 orang (12,5%), siswa dengan nilai kurang ada 3 orang (18,75%), dan siswa dengan nilai sangat kurang 9 orang (56,25%) dan hasil pada siklus II jumlah siswa dengan perolehan nilai sangat baik ada 7 orang (43,75%), siswa dengan nilai baik 8 orang (50%), dan siswa dengan nilai cukup 1 orang (6,25%). Pembelajaran biologi dengan filososfi mapalus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola-pola hereditas.

 

Downloads

Published

2022-03-03