Pembelajaran Biologi Menggunakan Filosofi Mapalus Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Mapalus, hereditas, hasil belajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Penelitian ini menggunakan mapalus sebagai metode belajar yang belum pernah diterapkan sebelumnya ke dalam pembelajaran sedangkan di dalam sistem kerja mapalus terdapat nilai nilai seperti solidaritas responsibilitas gotong royong good leadership disiplis kesetaraan dan kepercayaan yang diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang lebih berbudaya dan sejalan dengan pendidikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui filosofi mapalus diterapkan ke dalam pembelajaran biologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi genetika pola pola hereditas Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa dengan perolehan nilai baik ada 2 orang 12 5 siswa dengan nilai cukup 2 orang 12 5 siswa dengan nilai kurang ada 3 orang 18 75 dan siswa dengan nilai sangat kurang 9 orang 56 25 dan hasil pada siklus II jumlah siswa dengan perolehan nilai sangat baik ada 7 orang 43 75 siswa dengan nilai baik 8 orang 50 dan siswa dengan nilai cukup 1 orang 6 25 Pembelajaran biologi dengan filososfi mapalus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pola pola hereditas < p>
nbsp;< p>