Penerapan Pendekatan SETS Pada Materi Keanekaragaman Hayati Menggunakan Aplikasi Whatsapp Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Buko Kabupaten Banggai Kepulauan

Authors

  • Paola I Tangiduk Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado
  • Femmy R Kawuwung Universitas Negeri Manado
  • Ellen H Adil Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, keanekaragaman hayati, SETS

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran biologi di masa pandemik sangat berbeda dengan pembelajaran normal melalui tatap muka langsung. Pembelajaran di masa pandemi memerlukan kreativitas dan kemampuan guru memanfaatkan teknologi informasi dengan berbagai aplikasinya termasuk aplikasi WhatsApp dalam pembelajaran. Masalah penelitian ini adalah dengan penerapan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas X SMA Negeri 1 Buko. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelajaran biologi melalui penerapan pendekatan SETS menggunakan aplikasi WhatsApp di SMA Negeri 1 Buko Kabupaten Banggai Kepulauan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 56 orang, yang dibagi dalam dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dengan perlakuan pembelajaran SETS berjumlah 28 orang dan kelompok kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pre test dan post test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar pada kelas kontrol sebesar 22,85 sedangkan pada kelas eksperimen sebesar 27,78. Penerapan pendekatan SETS menggunakan aplikasi WhatsApp dapat meningkatkan hasil belajar pada materi keanekaragaman hayati dibandingkan tidak menggunakan pendekatan SETS.

 

Downloads

Published

2022-03-03