Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Aplikasi Multimedia Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Tenga
Keywords:
Model pembelajaran, PBL, hasil belajar, keanekaragaman hayatiAbstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis pbl menggunakan aplikasi multimedia terhadap hasil belajar biologi pada konsep keanekaragaman hayati di SMA N 1 Tenga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan kontrol dipilih secara acak (random) dan menggunakan bentuk Pretest Posttest Control Group Design dan teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda.Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen. Hipotesis dari penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan model pembelajaran multimedia pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 1 Tenga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil tes yang diberi pada kedua kelas, untuk kelas eksperimen skor tes awal dan tes akhir adalah sebesar 48,83. sedangkan pada kelas kontrol skor tes awal dan tes akhir adalah sebesar 42,33. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan model pembelajaran aplikasi multimedia pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 1 Tenga.