Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Menggunakan Aplikasi Multimedia Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Tenga

Authors

  • Marchelina WF Bujung Universitas Negeri Manado
  • Meity N Tanor Universitas Negeri Manado
  • Nova LIM Ogi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model pembelajaran, PBL, hasil belajar, keanekaragaman hayati

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis pbl menggunakan aplikasi multimedia terhadap hasil belajar biologi pada konsep keanekaragaman hayati di SMA N 1 Tenga. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan kontrol dipilih secara acak (random) dan menggunakan bentuk Pretest Posttest Control Group Design dan teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda.Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen.  Hipotesis dari penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan model  pembelajaran  multimedia  pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 1 Tenga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil tes yang diberi pada kedua kelas, untuk kelas eksperimen skor tes awal dan tes akhir adalah sebesar 48,83. sedangkan pada kelas kontrol skor tes awal dan tes akhir adalah sebesar 42,33. Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem Based Learning dengan menggunakan model pembelajaran  aplikasi multimedia  pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 1 Tenga.

 

Downloads

Published

2022-03-03