Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Pbl Menggunakan Aplikasi Multimedia Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Konsep Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Tenga

Authors

Keywords:

Model pembelajaran, PBL, hasil belajar, keanekaragaman hayati

Abstract

ABSTRAK < strong>< p>

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis pbl menggunakan aplikasi multimedia terhadap hasil belajar biologi pada konsep keanekaragaman hayati di SMA N 1 Tenga Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan kontrol dipilih secara acak random dan menggunakan bentuk Pretest Posttest Control Group Design< em> dan teknik pengumpulan data menggunakan soal pilihan ganda Populasi penelitian adalah seluruh kelas X IPA Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrol dan Kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen nbsp; Hipotesis dari penelitian ini yaitu: Terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem< em> Based Learning< em> dengan menggunakan model nbsp; pembelajaran nbsp; multimedia nbsp;pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 1 Tenga Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil tes yang diberi pada kedua kelas untuk kelas eksperimen skor tes awal dan tes akhir adalah sebesar 48 83 sedangkan pada kelas kontrol skor tes awal dan tes akhir adalah sebesar 42 33 Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam penerapan model Problem< em> Based Learning< em> dengan menggunakan model pembelajaran nbsp; aplikasi multimedia nbsp;pada materi keanekaragaman hayati Di SMA Negeri 1 Tenga < p>

nbsp;< p>

References

Downloads

Published

2022-03-03