Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving CPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Hasil belajar, creative problem solving (CPS)Abstract
ABSTRAK < strong>< p>
nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Pendidikan adalah menciptakan suasana belajar dan proses belajar Artinya dalam pendidikan proses dan hasil belajar harus seimbang untuk membentuk perkembangan peserta didik secara menyeleuruh Dengan memilih model pembelajaran yang sesuai dan menggunakan alat tanya jawab yang memenuhi tujuan pembelajaran maka keterampilan berfikir kritis peserta didik akan dibudidayakan untuk mengukur berfikir kritis terutama dalam hal pembelajaran biologi Penelitian ini bertujuan untuk membahas penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving < em> CPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang selama pandemi cenderung menurun Penelitian dilaksanakan di kelas X IPA 4 SMA Negeri 1 Tondano dengan jumlah siswa 29 orang Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah siswa yang tuntas dalam siklus I sebanyak 12 atau 41 37 dan jumlah siswa yang tidak tuntas atau 58 62 sebanyak 17 siswa Pada siklus II 26 siswa tuntas belajar 89 65 sedangkan yang belum tuntas 3 siswa 10 34 Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving CPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>
nbsp;< p>