Pengaruh Model Pembelajaran Predict Observe Explain dengan Pendekatan Jelajah Alam Sekitar terhadap Hasil Belajar Biologi Kelas X di SMA Petra Sawang Jauh
Keywords:
model POE, jelajah alam sekitar (JAS), hasil belajar, jamurAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menerapkan suatu model pembelajaran yang menarik perhatian sehingga mendorong siswa untuk aktif dalam mengikuti proses pembelajaran salah satunya model pembelajaran predict< em> observe explain< em> Tujuan dari penelitian ini adalah untuk megetahui apakah penerapan model pembelajaran predict< em> observe explain< em> dengan pendekatan jelajah alam sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa Kelas X di SMA Petra Sawang Jauh Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode pretest pos< em>t< em>tes< em>t< em> control group< em> design< em> sampel diambil dari 2 kelas homogen yang dipilih secara acak dengan 20 siswa dari masing masing kelas Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata pre test< em> kelas kontrol 31 dan kelas eksperimen 63 25 kemudian rerata nbsp; post test< em> kelas kontrol 38 25 dan kelas eksperimen 82 5 Penerapan model pembelajaran p< em>redict < em>o< em>bserve < em>e< em>xplain< em> dengan pendekatan jelajah alam sekitar berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Petra sawang jauh pada materi jamur < p>
nbsp;< p>