Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Biologi

Authors

  • Agustina Marpaung Universitas Negeri Manado
  • Dientje F Pendong Universitas Negeri Manado
  • Anatje Lihiang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Jigsaw, hasil belajar

Abstract

ABSTRAK

Proses pembelajaran di dalam kelas, guru cenderung sering mengajar dengan metode konvensional, sehingga peserta didik menjadi kurang termotivasi dan pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Tondano pada tahun ajaran 2019/2020 dengan materi struktur dan fungsi jaringan hewan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian the randomized pretest and posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran koperatif tipe jigsaw dan kelas XI IPA 2 yang berjumlah 20 orang sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77,5 dan kelas kontrol 64,5. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-08-05