Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Ekskresi di SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • Lina Pebrina Br. Perangin-angin Universitas Negeri Manado
  • Jeffry O Raturandang Universitas Negeri Manado
  • Anita Tengker Universitas Negeri Manado

Keywords:

Tipe jigsaw, hasil belajar, penelitian tindakan kelas

Abstract

ABSTRAK

Belum semua siswa mendapatkan nilai Kriteria Ketuntasan Maksimal dengan menggunakan model pembelajaran yang konvensional sehingga siswa sulit mencerna pembelajaran yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa sesudah mengikuti pembelajaran sistem ekskresi dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Tondano pada Tahun Ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 18 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw telah meningkatkan hasil belajar siswa. Dari 18 siswa, pencapaian KKM mengalami peningkatan yaitu rata-rata hasil belajar siswa pada siklus 1 sebesar 77 dengan  pencapaian hasil belajar siswa 38,8% mengalami peningkatan pada siklus 2 menjadi 84,83   dengan pencapaian hasil belajar siswa 88,8%. Kesimpulan menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2. Dengan demikian, siklus 2 sudah memenuhi indikator pencapaian hasil.

Downloads

Published

2022-08-05