Penerapan Pendekatan Kontekstual berbasis Authentic Asessment pada Materi Keanekaragaman Hayati terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 3 Tondano
Keywords:
Kontekstual, authentic asessment, hasil belajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran siswa dalam belajar biologi di SMA Negeri 3 Tondano dan siswa siswi kurang aktif dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pendekatan kontekstual berbasis authentic assessment < em>pada materi keanekaragaman hayati terhadap peningkatan hasil belajar biologi pada siswa kelas X di SMA Negeri 3 Tondano Sampel penelitian ini terdiri dari kelas X IPA 6 berjumlah 34 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar siklus I yaitu 20 58 dengan rata rata nilai 55 29 dan siklus II yaitu 85 29 dengan nilai rata rata 76 94 Pembelajaran materi keanekaragaman hayati dengan menggunakan pendekatan kontekstual berbasis authentic assessment< em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>