Pengembangan Multimedia Pembelajaran Biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) di SMA Negeri 1 Kotamobagu

Authors

  • Mohammad Farhan Umar Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado
  • Decky W. Kamagi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Multimedia, pembelajaran biologi, problem based learning

Abstract

      Multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) pada materi sistem reproduksi  telah dikembangkan, untuk melengkapi ketersediaan media pembelajaran biologi di sekolah menengah atas (SMA). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menghasilkan serta mengetahui kelayakan produk multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning). Prosedur pengembangan multimedia tersebut diadaptasi dari model Dick dan Carey yaitu model ADDIE yang terdiri atas: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi dari kedua validator masing-masing diperoleh skor 86,6% untuk ahli media dan 95,33% untuk ahli materi. Respon guru mata pelajaran dan siswa pada ujicoba pelaksanaan masing-masing dengan skor 96,66% dikategorikan sangat valid dan 90,4% dikategorikan sangat baik. Hasil pengembangan multimedia pembelajaran biologi berbasis PBL (Problem Based Learning) di tingkat SMA layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2022-04-04

Issue

Section

Articles