Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Tondano

Authors

  • Geraldo Sefanya Lintuo Universitas Negeri Manado
  • Jeffry O Raturandang Universitas Negeri Manado
  • Wiesye M.S. Nangoy Universitas Negeri Manado
  • Decky W. Kamagi Universitas Negeri Manado
  • Utari Satiman Universitas Negeri Manado
  • Christny F.E. Rompas Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, media audio visual, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan kurangnya siswa dalam mengembangkan dan melatih kemampuan untuk memecahkan masalah, karena metode pembelajaran yang berpusat kepada guru dan siswa yang kurang aktif selama proses pembelajaran berlangsung yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan sistem peredaran darah pada manusia di SMA Negeri 3 Tondano. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode quasi experimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Tondano dengan sampel sebanyak 72 orang yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual dan kelas kontrol dengan perlakuan model pembelajaran konvensional, sampel diambil dengan metode penarikan sampel secara sederhana. Instrument yang digunakan adalah tes berbentuk pilihan ganda, Data yang dianalisis adalah hasil posttest meliputi aspek kognitif. Selanjutnya data hasil posttest yang didapatkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 80,75 sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata posttest yang didapatkan adalah 66,47. Data dianalisis dengan uji-statistik menggunakan uji t dan mendapatkan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Peredaran Darah Pada Manusia. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2022-08-01