Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 2 Kendahe

Authors

Keywords:

Hasil belajar, group investigation

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe group investigation < em> GI terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest posttest control group design< em> Populasi penelitian nbsp;ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe dengan jumlah siswa 20 orang sedangkan sampel yaitu kelas VIIIA< sub> dengan jumlah siswa 10 orang sebagai kelas eksperimen dan VIIIB< sub> dengan jumlah siswa 10 orang sebagai kelas kontrol Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata pretest< em> sebesar 52 dan posttest< em> sebesar 74 7 nbsp; pada kelas kontrol sedangkan rerata pretest< em> sebesar 51 1 dan posttest< em> sebesar 90 pada kelas eksperimen Hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation< em> lebih tinggi dari pada kelas kontrol hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe < p>

References

Downloads

Published

2022-07-22