Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Negeri 2 Kendahe

Authors

  • Joshua Mamondol Universitas Negeri Manado
  • Ferny M Tumbel Universitas Negeri Manado
  • Ellen H Adil Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, group investigation

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif dalam kegiatan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan pretest posttest control group design. Populasi penelitian  ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe dengan jumlah siswa 20 orang, sedangkan sampel yaitu kelas VIIIA dengan jumlah siswa 10 orang sebagai kelas eksperimen dan VIIIB dengan jumlah siswa 10 orang sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata pretest sebesar 52 dan posttest sebesar 74,7  pada kelas kontrol sedangkan rerata pretest sebesar 51,1 dan posttest sebesar 90 pada kelas eksperimen. Hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih tinggi dari pada kelas kontrol hasil belajar IPA siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kendahe.

Downloads

Published

2022-07-22