Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Praktikum Terhadap Hasil Belajar Siswa Konsep Keanekaragaman Hayati Pada Siswa SMA

Authors

  • Tresi Pipilia Br Ginting Universitas Negeri Manado
  • Revolson A. Mege Universitas Negeri Manado
  • Jantje Ngangi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem based learning (PBL), hasil belajar

Abstract

Banyaknya siswa memperoleh hasil belajar yang rendah dengan rerata siswa mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) tidak lebih dari 50%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem  based  learning (PBL) berbasis praktikum terhadap hasil belajar siswa konsep keanekaragaman hayati pada siswa SMA. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Tondano dari September 2022 sampai Oktober 2022. Metode yang dipakai ialah eksperimen semu  dengan desain pretest- posttest control grup design. Kelas X-5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang dipakai berupa instrumen tes bentuk soal-soal pilihan berganda dan instrumen nontest berupa LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata nilai tes akhir pada kelas kontrols ebesar 75,6  sedangkan rerata nilai tes akhir pada kelas eksperimen sebesar 86,9. Hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning  berbasis praktikum pada  kelas X materi keanekaragaman hayati di SMA Negeri 1 Tondano lebih baik daripada pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2023-04-10

Issue

Section

Articles