Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bakteri Di Kelas X SMA Kristen Sonder

Authors

Keywords:

Blended learning, hasil belajar, bakteri

Abstract

Kesulitan9pembelajaran biologi yaitu pemahaman9dalam materi9bakteri yang9 banyak9harus9diingat sehingga siswa malas9untuk membaca9dan minimnya ketersediaan9buku9materi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning < em>terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bakteri di SMA Kristen Sonder Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian n< em>on equivalent control group design< em> Sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelas yakni kelas X IPA 1 berjumlah 20 siswa dan kelas X IPA 2 berjumlah 20 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata prettest< em> di kelas kontrol diperoleh sebesar 36 9 sedangkan nilai rerata prettest < em>pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 42 35 Nilai rerata post test < em>di kelas kontrol diperoleh sebesar 78 25 sedangkan nilai rata rata post test < em>pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82 85 Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran blended learning < em>pada pokok bahasan bakteri di SMA Kristen Sonder lebih baik daripada pembelajaran menggunakan model konvensional < p>

References

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles