Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bakteri Di Kelas X SMA Kristen Sonder

Authors

  • Titania Temaya Universitas Negeri Manado
  • Rudi A Repi Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado

Keywords:

Blended learning, hasil belajar, bakteri

Abstract

Kesulitan9pembelajaran biologi yaitu pemahaman9dalam materi9bakteri yang9 banyak9harus9diingat sehingga siswa malas9untuk membaca9dan minimnya ketersediaan9buku9materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan bakteri di SMA Kristen Sonder. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian non equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini terdiri atas dua kelas yakni kelas X IPA 1 berjumlah 20 siswa dan kelas X IPA 2 berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rerata prettest di kelas kontrol diperoleh sebesar 36,9 sedangkan nilai rerata prettest pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 42,35. Nilai rerata post-test di kelas kontrol diperoleh sebesar 78,25 sedangkan nilai rata-rata post-test pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82,85. Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran blended learning pada pokok bahasan bakteri di SMA Kristen Sonder lebih baik daripada pembelajaran menggunakan model konvensional.

Downloads

Published

2023-04-12

Issue

Section

Articles