Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA N 2 Tondano
Keywords:
Problem based learning, keanekaragaman hayati, PTKAbstract
Pembelajaran biologi di kelas X IPA SMA N 2 Tondano masih bersifat teacher centered< em> sehingga siswa tidak terlibat aktif merasa bosan dan kurang menarik saat mengikuti proses pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk nbsp;meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan nbsp;model pembelajaran Problem Based Learning < em> PBL di SMA Negeri 2 Tondano nbsp;Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilakukan sebanyak 3 siklus Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu : perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tondano tahun ajaran 2021 2022 mata pelajaran Biologi materi keanekaragaman hayati Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 46 6 pada siklus II menjadi 86 6 dan pada siklus III sebesar 100 Penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Tondano < p>