Pengaruh Strategi Pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan Metode Diskusi terhadap Hasil Belajar Biologi di SMA Negeri 1 Remboken

Authors

  • Ilham Saputra Butar-butar Universitas Negeri Manado
  • Herry M Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Helen J Lawalata Universitas Negeri Manado

Keywords:

Diskusi, hasil belajar, question student have

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran biologi terjadi interaksi satu arah yang membuat siswa tidak ikut terlibat secara aktif dan juga pengajuan pertanyaan masih sebatas guru yang memberikan pertanyaan, di sisi lain siswa jarang mengajukan pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran Question Student Have (QSH) dengan metode diskusi terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA pada topik sistem ekskresi manusia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis desain pretest-posttest control group desain. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI IPA 1 dijadikan sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 dijadikan sebagai kelas kontrol, dengan jumlah siswa setiap kelas 29 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 86,89 dan kelas kontrol 66,55. Strategi pembelajaran QSH dengan metode diskusi lebih baik dari metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar biologi siswa.

Downloads

Published

2023-08-23