Peningkatan Hasil Belajar Konsep Genetika Pola Pewarisan Sifat Menggunakan Audio Visual Berbasis Budaya Mapalus Pada Kelas XII IPA SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • Wengki Universitas Negeri Manado
  • Herry Maurits Sumampouw Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, studio visual, budaya mapalus

Abstract

Pemilihan strategi pembelajaran berbasis budaya lokal khususnya mapalus masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran khususnya genetika. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa pada konsep genetika pola pewarisan sifat menggunakan audio visual dengan strategi pembelajaran berbasis budaya mapalus pada kelas XII IPA SMA  Negeri 2 Tondano. Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XII IPA SMA Negeri 2 Tondano yang berjumlah 18 orang. Data penelitian yang diperoleh hasil belajar kognitif yang diperoleh dari test adapun hasil belajar afektif dan psikomotor diperoleh dari observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada rana kognitif ketuntasan klasikal siklus I sebesar 55,6% meningkat pada siklus II menjadi 100%. Ketuntasan belajar siswa pada rana afektif pada siklus satu sebesar 71,39% meningkat pada siklus II 88,61%. Ketuntasan belajar siswa pada ranah psikomotor pada siklus I sebesar 70,83% meningkat pada siklus II menjadi 79,16%. Pembelajaran genetika konsep pola pewarisan sifat menggunakan audio visual berbasis budaya mapalus dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas 12 IPA SMA Negeri 2 Tondano.

Downloads

Published

2022-08-04