Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa di SMA Negeri 1 Tondano

Authors

  • Felly Tia Anggrionesari Universitas Negeri Manado
  • Meity N. Tanor Universitas Negeri Manado
  • Helen J Lawalata Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, student team achievement division, fungi

Abstract

Pembelajaran di kelas masih menggunakan metode pembelajaran konvensional ketika peran guru masih lebih dominan dalam kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X-1 pada materi fungi di SMA Negeri 1 Tondano. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 SMAN 1 Tondano. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini hanya satu kelas yaitu kelas X-1 yang berjumlah 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar siswa siklus I sebesar 48,91 dengan persentase ketuntasan 56,26% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan rerata hasil belajar siswa sebesar 83,03 dengan persentase ketuntasan belajar secara klasikal 93,75%. Berdasarkan hasil belajar tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi fungi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2023-08-06