Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Biologi Di SMP Negeri 3 Bolaang

Authors

Keywords:

Problem based learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Pembelajaran sebagian besar dalam bentuk ceramah dan siswa hanya mendengarkan penjelasan guru tanpa partisipasi seluruh siswa Riset ini bertujuan untuk mengkaji efek model pembelajaran problem based learning< em> terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran biologi di SMP Negeri 3 Bolaang Riset ini memakai metode eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test control group design< em> Sampel terdiri atas dua kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol yang masing masing kedua kelas terdiri dari 13 orang siswa Hasil riset menunjukkan bahwa nilai rerata pret test< em> di kelas kontrol diperoleh sebesar 30 sedangkan nilai rerata pre< em>t test < em>pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 37 69 Sedangkan nilai rerata post test < em>di kelas kontrol diperoleh sebesar 72 30 dan nilai rerata p< em>ost test < em>pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82 30 Model pembelajaran PBL lebih baik dibanding dengan pembelajaran menggunakan ceramah terhadap hasil belajar di SMP Negeri 3 Bolaang < p>

References

Downloads

Published

2023-08-06