Pengembangan Media Pembelajaran Genetika Berbasis Multimedia Di Universitas Negeri Manado (Unima)

Authors

  • Mariana Rengkuan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Media pembelajaran, multimedia, pembelajaran genetika

Abstract

ABSTRAK

Mata kuliah Genetika di perguruan tinggi merupakan salah satu mata kuliah yang berisi materi yang bersifat abstrak sehingga dalam penyampaiannya dibutuhkan suatu strategi tertentu. Salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran genetika untuk mengatasi masalah tersebut adalah penggunaan multimedia pembelajaran yang telah terbukti memiliki keunggulan yang lebih dibandingkan penggunaan bahan ajar konvensional. Penelitian ini betujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran pada mata kuliah genetika dan menguji kelayakannya untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development dengan model Kamp and Dayton. Produk hasil pengembangan penelitian ini berupa multimedia pembelajaran genetika interaktif berbasis komputer pada materi reproduksi dan kerja materi genetik dengan menggunakan software komputer seperti Autoplay Media Studio, Camtasia v8, Photoshop, dan Microsoft Power Point. Hasil uji coba pada prototype multimedia pembelajaran oleh ahli materi pembelajaran diperoleh persentase sebesar 87,5% dan ahli media pembelajaran dengan persentase sebesar 82,86%. Berdasarkan hasil uji coba dan penilaian tersebut maka produk multimedia pembelajaran genetika interaktif berbasis komputer pada materi reproduksi dan kerja matari genetik layak digunakan dalam pembelajaran genetika di perguruan tinggi.

 

 

ABSTRACT

The Genetics course in higher education is one of the courses that contains abstract material so that its delivery requires a specific strategy. One of the strategies that can be used in learning genetics to overcome this problem is the use of multimedia learning which has been proven to have more advantages than the use of conventional teaching materials. This study aims to develop multimedia learning in genetics courses and to investigate its feasibility for application as a learning medium. This research is a Research and Development type of research using the model and development steps proposed by Kamp and Dayton (1985). The product of the development in this research is in the form of computer-based interactive genetic learning multimedia on reproduction and genetic material work using computer software such as Autoplay Media Studio, Camtasia v8, Photoshop, and Microsoft Power Point. The results of trials on the multimedia learning prototype by learning material experts obtained a percentage of 87.5% and learning media experts with a percentage of 82.86%. Based on the results of these trials and assessments, computer-based interactive genetic learning multimedia products on reproductive material and genetic mat work are suitable for use in learning genetics in higher education.

 

 

Author Biography

Mariana Rengkuan, Universitas Negeri Manado

Biology Department

Downloads

Published

2021-01-27