Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di SMA Negeri 1 Modayag
Keywords:
Hasil belajar biologi, learning cycle 5EAbstract
Proses belajar mengajar yang masih berpusat pada guru menjadi akar permasalahan sejak awal Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E< em> terhadap materi sistem pencernaan manusia di SMA negeri 1 Modayag Riset ini memakai metode eksperimen dengan desain penelitian pre test and post test control group design< em> Kelas XI MIA 1 sebagai kontrol sedangkan kelas XI MIA 2 sebagai kelompok eksperimen Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil post< em> test< em> dengan skor 91 4 untuk kelas eksperimen sedangkan kelas kontrol nbsp;sebesar 84 5 Hasil belajar siswa kelas XI MIA 2 SMA Negeri 1 Modayag yang diberi model pembelajaran l< em>earning < em>c< em>ycle 5E< em> lebih baik daripada metode ceramah < p>