Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMA Negeri 2 Tondano
Keywords:
Hasil belajar, model, PBLAbstract
ABSTRAK< strong> < p>
nbsp;< p>
Penelitian ini termasuk penelitian eksperiment yang nbsp; bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem based learnig< em> terhadap hasil belajar siswa Di SMA Negeri 2 Tondano tahun ajaran 2020 2021 Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XII IPA 1 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan XII IPA 2 terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dengan instrument tes berupa soal pilihan ganda dan essay Hasil penelitian menunjukkan rata rata hasil belajar kelas eksperimen 84 95 sedangkan nilai rata rata kelas kontrol 64 20 Data hasil penelitian dianalisis menggunakan statistik uji independent t test pada taraf perhitungan signifikan 0 05 dan diperoleh nilai 0 000 gt; 0 05 dan thitung < sub>4 7599 gt; Ttabel < sub>1 6686 dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning < em>berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar sis< p>
ABSTRACT< em>< p>
This research includes experimental research that aims to determine the effect of problem based learning models on student learning outcomes at SMA Negeri 2 Tondano in the academic year 2020 2021 The sample used in this study was class XII IPA 1 consisting of 20 students as the experimental class and XII IPA 2 consisting of 20 students as the control class The data collection technique used a learning outcome test with test instruments in the form of multiple choice questions and essays The results showed that the average value of the experimental class learning outcomes was 84 95 while the control class average value was 64 20 The research data were analyzed using the independent t test statistical test at a significant calculation level of 0 05 and obtained a value of 0 000 gt; 0 05 and tcount 4 7599 gt; Ttable 1 6686 from these results it can be concluded that the use of problem based learning models has a significant effect on improving results student learning < em>< p>