Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di Kelas XI SMA Negeri 1 Tagulandang

Authors

  • Jelika Cahyani Kampong Universitas Negeri Manado
  • Rudi A Repi Universitas Negeri Manado
  • Nonny Manampiring Universitas Negeri Manado

Keywords:

Inkuiri, hasil belajar, jaringan tumbuhan

Abstract

Pembelajaran yang masih terpusat pada guru sehingga siswa kesulitan memahami materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan model pembelajaran inkuiri di kelas XI SMA Negeri 1 Tagulandang kabupaten SITARO tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan siklus tindakan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelasanaan Tindakan, observasi, serta refleksi. Subyek penelitian ialah siswa kelas XI MIPA3  SMA N 1 Tagulandang dengan jumlah siswa 28 orang. Metode pengumpulan data meliputi hasil belajar siswa berupa data hasil tes yang dilakukan setiap akhir siklus. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif hail penelitian yang terjadi adalah hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan peberian kusioner di siklus I menggunakan 28 orang. Terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang tuntas semakin tinggi dari siklus I 61,5% menjadi 88,5% pada siklus II. Peningkatan nilai dampak belajar siswa pada setiap siklus pertanda bahwa pembelajaran menggunakan model inkuiri mampu menaikkan hasil belajar siswa kelas XI MIPA3 SMA N 1 Tagulandang.

Downloads

Published

2023-11-10