Pengaruh Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp Group Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Biologi di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kakas

Authors

  • Lidya D. M. Somba Universitas Negeri Manado
  • Ferny M Tumbel Universitas Negeri Manado
  • Fanny N Nanlohy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Hasil belajar, pembelajaran daring, whatsapp group

Abstract

Peningkatan kualitas pembelajaran dan hasil belajar biologi dapat menggunakan whatsapp group dalam pembelajaran daring sebagai upaya yang diharapkan mampu membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran daring, membuat peserta didik nyaman dalam proses pembelajaran daring. ‘Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pembelajaran daring melalui whatsapp group. terhadap  hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di kelas .XI MIPA SMA Negeri 1 Kakas. Penelitian ini penelitian eksperimen yang dirancang dengan pretest-postest. control group design. Penelitian dilaksanakan di kelas XI SMA Negeri 1 Kakas pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 82,5 sedangkan kelas kontrol sebesar 65,5. Hasil belajar pada kelas yang menggunakan whatsapp group dalam pembelajaran daring lebih tinggi dari pada menggunakan metode pembelajaran konvensional pada topik. sistem indera di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kakas.

Downloads

Published

2023-11-10