Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD).terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri 2 Tomohon

Authors

  • Winda Pobela Universitas Negeri Manado
  • Meity N. Tanor Universitas Negeri Manado
  • Marthy L.S. Taulu Universitas Negeri Manado
  • Wiesye MS Nangoy Universitas Negeri Manado

Keywords:

Tipe STAD, pembelajaran kooperatif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan saat observasi di SMA Negeri 2 Tomohon yaitu rendahnya kompetensi yang dimiliki peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami bagaimana siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomohon memperoleh konsep biologi yang berkaitan dengan klasifikasi makhluk hidup (tumbuhan) dengan melihat dampak dari strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini menggunakan pola desain kelompok pre-test dan post-test, yang merupakan desain eksperimental yang sah, untuk mensimulasikan eksperimen yang sebenarnya. Populasi dalam.penelitian ini yaitu jumlah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomohon dan sampel pada.penelitian ini adalah kelas A merupakan kelas kontrol dengan jumlah 13 peserta didik dan kelas B  merupakan kelas eksperimen berjumlah 15 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 79,66 dan kelas kontrol 67,30. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD berdampak pada hasil belajar..

Downloads

Published

2023-11-12