Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division STAD terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA Negeri 2 Tomohon

Authors

Keywords:

Tipe STAD, pembelajaran kooperatif, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah yang ditemukan saat observasi di SMA Negeri 2 Tomohon yaitu rendahnya kompetensi yang dimiliki peserta didik Tujuan dari penelitian ini ialah untuk memahami bagaimana siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomohon memperoleh konsep biologi yang berkaitan dengan klasifikasi makhluk hidup tumbuhan dengan melihat dampak dari strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD Jenis penelitian ini menggunakan pola desain kelompok pre test< em> dan post test< em> yang merupakan desain eksperimental yang sah untuk mensimulasikan eksperimen yang sebenarnya Populasi dalam penelitian ini yaitu jumlah keseluruhan siswa kelas X SMA Negeri 2 Tomohon dan sampel pada penelitian ini adalah kelas A merupakan kelas kontrol dengan jumlah 13 peserta didik dan kelas B nbsp; merupakan kelas eksperimen berjumlah 15 peserta didik Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata rata post test< em> kelas eksperimen 79 66 dan kelas kontrol 67 30 Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD berdampak pada hasil belajar < p>

References

Downloads

Published

2023-11-12