Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Video Youtube untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP Negeri 6 Bitung

Authors

  • Denny Masel Damanik Universitas Negeri Manado
  • Metilistina Sasinggala Universitas Negeri Manado
  • Aser Yalindua Universitas Negeri Manado
  • Christny F.E. Rompas Universitas Negeri Manado
  • Decky W. Kamagi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Discovery learning, yotube, hasil belajar

Abstract

Hasil observasi dan wawancara yang dilakukan di SMP Negeri 6 Bitung  yaitu model pembelajaran yang masih dominan menggunakan metode ceramah dan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta hasil belajar siswa yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Bitung melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan bantuan Video Youtubube pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas VIII-6 SMP Negeri 6 Bitung dengan jumlah peserta didik 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I  terdapat 4 peserta didik yang tuntas dengan persentase 14,29%  sedangkan 24 peserta didik lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 85,71%. Pada siklus II terdapat 27 peserta didik yang tuntas dengan persentase 96,42% sedangkan 1  peserta didik lainnya dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 3,58%. Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan video youtube dapat meningkatkan hasil belajar belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-14