Penerapan Lembar Kerja Siswa sebagai Media Pembelajaran Berbasis Model Problem Based Learning di SMA Negeri 1 Tomohon

Authors

  • Kelpin Rifan Tauri Universitas Negeri Manado
  • Meike Paat Universitas Negeri Manado
  • Femmy R Kawuwung Universitas Negeri Manado

Keywords:

Lembar kerja siswa, problem based learning

Abstract

Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini berkaitan tentang minimnya penerapan media pembelajaran dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dikarenakan pembelajaran berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan lembar kerja siswa sebagai perangkat pembelajaran berbasis model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri atas 4 tahap yang harus dilakukan dalam penelitian yaitu (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap Pelaksanaan Tindakan, (3) Tahap Pengamatan, (4) Tahap Refleksi atau Evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tomohon pada semester genap tahun ajaran 2021/2022 di kelas X MIPA I dengan subjek penelitian sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran berbasis model problem based learning terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklus dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dari 35 orang siswa dengan persentase ketuntasan sebesar 40% meningkat menjadi 33 orang dari 35 orang siswa dan persentase ketuntasan sebesar 94%. Rata-rata hasil belajar mengalami peningkatan, pada siklus I rata-rata yang didapat siswa sebesar 69 meningkat pada siklus II menjadi 86,14. Respon siswa terhadap lembar kerja yang diterapkan juga sangat baik terdapat 34 siswa dengan persentase 97% sangat setuju dan 1 siswa dengan persentase 3% setuju. Penerapan media lembar kerja siswa sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-12-16