Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL Menggunakan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Biologi

Authors

Keywords:

Problem based learning, power point, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning< em> menggunakan Power< em> Poin< em>t terhadap hasil belajar siswa pada Pembelajaran Biologi Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain penelitian Non equivalent control group design< em> Populasi sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yakni kelas XI IPA 1 berjumlah 20 siswa dan kelas X1 IPA 2 berjumlah 20 siswa Nilai rata rata pret test< em> di kelas kontrol diperoleh sebesar 36 9 sedangkan nilai rata rata pre< em>t test < em>pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 42 35 Selanjutnya nilai rata rata post test < em>di kelas kontrol diperoleh sebesar 78 25 sedangkan nilai rata rata p< em>ost test < em>pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 82 85 Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan taraf signifikan 0 05 diperoleh nilai thitung< sub> 3 157 gt; ttabel< sub> 2 024 Sesuai dengan kriteria pengujian hipotesis maka nbsp; H0< sub> ditolak dan H1< sub> diterima Dengan demikian dapat nbsp; disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif nbsp; terhadap hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL menggunakan Power Point < em>pada Pembelajaran Biologi < p>

References

Downloads

Published

2022-08-04