Pengaruh Model Pembelajaran Pendekatan Jelajah Alam Sekitar JAS Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N Adow Pinolosian

Authors

Keywords:

Pembelajaran biologi, jelajah alam sekitar, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran pendekatan jelajah alam sehitar JAS terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N Adow Pinolosian pada mata pelajaran biologi materi jaringan tumbuhan akar batang dan daun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N Adow Pinolosian yang berjumlah 30 siswa dengan pembagian secara random yang terdiri dari dua kelompok yaitu kelas A berjumlah 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas B berjumlah 15 siswa sebagai kelompok kontrol Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen Dari perhitungan pengujian hipotesis penelitian diperoleh thitung< sub> senilai 2 179 Berdasarkan tabel distribusi t pada = 0 05 dengan dk = n1< sub> n2< sub> 2 = 15 15 2 = 28 maka diperoleh nilai ttabel< sub> = 2 048 Jadi thitung< sub> lebih besar dari ttabel< sub> yaitu thitung< sub> = 2 179 gt; ttabel< sub> = 2 048 Kesimpulan dalam penelitian ini pada model pembelajaran pendekatan jelajah alam sehitar JAS dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan akar batang dan daun pada siswa kelas VIII SMP N Adow Pinolosian < p>

References

Downloads

Published

2022-08-04