Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning PJBL Dipadu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMA Kristen Kotamobagu
Keywords:
Pembelajaran berbasis proyek, hasil belajarAbstract
Hasil observasi di SMA Kristen Kotamobagu ditemukan permasalahan dimana peserta didik mengalami kesulitan mempelajari biologi Tujuan penelitian untuk menemukan peningkatan skor belajar peserta didik melalui metode project based laerning< em> dengan mind mapping< em> terkait hasil belajar peserta didik materi sistem gerak di kelas XI SMA Kristen Kotamobagu Sampel ialah kelas XI B kelas eksperimen dan kelas XI A kelas kontrol jumlah masing masing kelas 20 sampel Penelitian dilakukan di kelas eksperimen ditemukan nilai maksimum post test< em> 95 dan nilai minimum nbsp;post test< em> 70 dengan nilai rerata 85 25 Kelas kontrol memiliki nilai maksimum post test< em> 75 dan nilai minimum post test< em> 45 jumlah rerata nilai 60 25 Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan model pembelajaran project based laerning < em>dipadu mind mapping< em> materi sistem gerak di kelas XI SMA Kristen Kotamobagu efektif meningkatkan hasil pembelajaran < p>