Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dipadu Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Sistem Gerak Di Kelas XI SMA Kristen Kotamobagu

Authors

  • Brilev Imanuel Lantu Universitas Negeri Manado
  • Ferny M Tumbel Universitas Negeri Manado
  • Utari Satiman Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pembelajaran berbasis proyek, hasil belajar

Abstract

Hasil observasi di SMA Kristen Kotamobagu ditemukan permasalahan dimana peserta didik mengalami kesulitan mempelajari biologi. Tujuan penelitian untuk menemukan peningkatan skor belajar peserta didik melalui metode project based laerning dengan mind mapping terkait hasil belajar peserta didik materi sistem gerak di kelas XI SMA Kristen Kotamobagu. Sampel ialah kelas XI B (kelas eksperimen) dan kelas XI A (kelas kontrol) jumlah masing-masing kelas 20 sampel. Penelitian dilakukan di kelas eksperimen ditemukan nilai maksimum post-test 95 dan nilai minimum  post-test 70 dengan nilai rerata 85,25. Kelas kontrol memiliki nilai maksimum post-test 75 dan nilai minimum post-test 45 jumlah rerata nilai 60,25. Hasil penelitian dapat diambil kesimpulan model pembelajaran project based laerning dipadu mind mapping materi sistem gerak di kelas XI SMA Kristen Kotamobagu efektif meningkatkan hasil pembelajaran.

Downloads

Published

2024-04-04

Issue

Section

Articles