Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Praktikum untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Sistem Respirasi Serangga Kelas XII SMA Negeri 1 Tahuna

Authors

  • Aprillya Monica Dewi Kansil Universitas Negeri Manado
  • Orbanus Naharia Universitas Negeri Manado
  • Nonny Manampiring Universitas Negeri Manado
  • Christny F.E. Rompas Universitas Negeri Manado
  • Decky W. Kamagi Universitas Negeri Manado

Keywords:

Contextual teaching and learning, praktikum, hasil belajar

Abstract

Observasi dan wawancara yang dihasilkan dari SMA Negeri 1 Tahuna memperlihatkan bahwa model pembelajaran yang lebih banyak diterapkan yaitu model ceramah, dimana penggunaan laboratorium untuk praktikum dan penerapan pembelajaran secara kontekstual masih dinilai kurang, serta hasil belajar yang diperoleh siswa masih termasuk rendah. Bertujuan  meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tahuna  dengan menerapkan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada materi sistem respirasi serangga. Penelitian yang dilaksanakan dengan menerapkan eksperimen kuasi dengan desain pretest-posttest control group desain. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Tahuna menggunakan sampel yang ditentukan dengan teknik random sampling dari keseluruhan populasi kelas XI. Kelas eksperimen yang ditentukan dari teknik pengambilan data yaitu kelas XIA (31 siswa) yang diberlajarkan dengan model CTL bebasis Praktikum sedangkan kela XIB (31 siswa) sebagai kelas kontrol dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem respirasi serangga. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata dari pemahaman konsep siswa pada kelas eksperimen 87 lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol 60. Model pembelajaran CTL berbasis Praktikum meningkatkan hasil belajar siswa.

Published

2024-06-25