Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup di SMA Negeri 2 Tondano

Authors

  • Irvanti Batubara Universitas Negeri Manado
  • Meity N. Tanor Universitas Negeri Manado
  • Dany Christian Posumah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Blended Learning, klasifikasi makhluk hidup, PTK

Abstract

           Permasalahan dalam pembelajaran Biologi  yaitu proses pembelajaran masih berpusat pada guru; Rendahnya hasil belajar siswa pada materi klasifikasi makhluk hidup; Guru belum menggunakan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, seperti model Blended Learning. Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X dengan menggunakan model pembelajaran Blended Learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMA Negeri 2 Tondano. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). hasil penelitian siklus I dan siklus II diperoleh nilai rata-rata pra siklus I 38,4 dan presentase ketuntasan belajar adalah 0%; pada hasil siklus I diperoleh nilai rata-rata 81,86 dan presentase ketuntasan belajar adalah 66,6% dimana siswa yang tuntas belajar ada 10 siswa dengan memperoleh nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 80 atau diatas rata-rata KKM. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata pra siklus II 83,13 dan presentase ketuntasan belajar adalah 80%; pada hasil siklus II diperoleh nilai rata-rata 84,8 dan presentase ketuntasan belajar adalah 100% dimana siswa yang tuntas belajar ada 15 siswa dengan memperoleh nilai sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 80. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Blended Learning pada materi klasifikasi makhluk hidup di SMA Negeri 2 Tondano dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.

Downloads

Published

2024-06-25