Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kauditan Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

Authors

  • Fanesa Febiola Meyer Universitas Negeri Manado
  • Sukmarayu P Gedoan Universitas Negeri Manado
  • Dany Christian Posumah Universitas Negeri Manado

Keywords:

Think pair share, hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe think pair share adalah salah satu model pembelajaran yang aktif dan interaktif yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share (TPS) pada materi sistem ekskresi manusia. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kauditan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 2 yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus 1 yang tuntas sebanyak 8 siswa atau 36%, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 14 siswa atau 64% dan Siklus II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 18 siswa atau 82%, sedangkan yang tidak tuntas terdapat 4 siswa atau 18%. Kesimpulan pada penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2024-04-08

Issue

Section

Articles