Pengembangan Modul Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pengelolaan Sampah Berkelanjutan untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di Kelas XI SMA Negeri 3 Tondano

Authors

  • Jilly Viorent Maranatha Boyoh Universitas Negeri Manado
  • Jantje Ngangi Universitas Negeri Manado
  • Jemmy L Sumakul Universitas Negeri Manado

Keywords:

Kurikulum merdeka, pengelolaan sampah

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini berkaitan dengan pemberlakuan kurikulum baru yaitu kurikulum merdeka membuat guru kesulitan dalam merancang modul proyek penguatan profil pelajar Pancasila. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk modul proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pengelolaan sampah berkelanjutan untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di kelas XI SMA Negeri 3 Tondano dan mengetahui kelayakan dari modul proyek yang dikembangkan. Pengembangan menggunakan model Borg and Gall disederhanakan menjadi 5 tahapan yaitu (1) Analisis (2) Pengembangan produk (3) Validasi ahli (4) Uji coba terbatas (5) Produk final. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi produk modul materi memenuhi kriteria valid dengan persentase 90,04%; hasil validasi produk modul media memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 96,87%; hasil validasi lembar angket respon peserta didik memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase sebesar 94,27%; hasil validasi lembar angket respon guru memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 95,45%. Modul proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui pengelolaan sampah berkelanjutan untuk mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di kelas XI SMA Negeri 3 Tondano sudah memenuhi semua tahapan pengembangan sampai pada uji kelompok kecil dengan hasil sangat baik.

Downloads

Published

2024-04-08

Issue

Section

Articles