Pengaruh Metode Cooperative Learning Tipe Student Team Achievment Division Terhadap Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 2 Langowan

Authors

  • Eep Saefullah Fatah Mokoginta Universitas Negeri Manado
  • Anatje Lihiang Universitas Negeri Manado
  • Ferny M Tumbel Universitas Negeri Manado
  • Sukmarayu P Gedoan Universitas Negeri Manado

Keywords:

Tipe student team achievment division, hasil belajar

Abstract

Salah satu masalah yang umum ditemui dalam proses belajar mengajar yaitu kurangnya interaksi antara sesama siswa dalam menyelesaikan atau memecahkan suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode cooperative learning tipe student team achievment division terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 2 Langowan. Sampel dipilih dari dua kelas yang diundi dengan hasil yaitu kelas XII MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII MIPA 2 sebagai kelas kontrol masing masing kelas mendapat perlakuan yang berbeda, kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional sedangkan kelas eksperimen menggunakan metode cooperative learning tipe STAD, dengan rancangan penelitian yaitu quasi experimen sedangkan untuk disain yang digunakan dalam penelitian berupa pretest dan posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata rata sebesar 81.6 dan untuk kelas kontrol sebesar 72.9. Penggunaan metode cooperative learning tipe student team achievment division lebih efektif daripada metode pembelajaran secara konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi evolusi kelas XII di SMA N 2 Langowan.

Downloads

Published

2024-04-08

Issue

Section

Articles