PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI AKTIVITAS MEMENUHI KEBUTUHAN MANUSIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PESERTA DIDIK KELAS VII A SEMESTER GANJIL UPT SMP NEGERI 1 NUHA TAHUN PELAJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8097Keywords:
Ilmu pengetahuan Sosial, Materi Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia, Model Problem Based LearningAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pengajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia pada peserta didik kelas VII A semester ganjil di UPT SMP Negeri nbsp; 1 Nuha kecamatan Nuha Kabupaten Luwu Timur tahun pembelajaran 2023 dengan jumlah peserta didik 20 yang terdiri dari 13 peserta didik putri dan 7 nbsp;putra < p>
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK PTK ini dilakukan dengan 3 putaran yang meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 87 menjadi 93 nilai terendah dari 50 pada siklus 1 menjadi 67 pada siklus 2 Demikian juga rata rata mengalami peningkatan yaitu 6 18 pada siklus 1 menjadi 75 18 pada siklus 2 Untuk prosentase belajar juga mengalami peningkatan dari 69 pada siklus 1 menjadi 75 pada siklus 2 < p>
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pengajaran berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenihi kebutuhan manusia peserta didik kelas VII A semester ganjil di UPT SMP Negeri nbsp; 1 Nuha kecamatan Nuha Kabupaten Luwu timur tahun pembelajaran 2022 2023 < p>
Kata kunci : IPS Materi < strong>Aktivitas memenuhi < strong>kebutuhan manusia Model P< strong>roblem Based Learning< strong>< p>
References
LLismaya 2019 Model Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning Jakarta: Gramedia
ES Suyati AZ Rozikin 2021 Belajar dan Pembelajaran repository penerbitwidina com
Syaiful bahari Djamarah dan Azwan Zain 2020:121 Media dalam Pembelajaran Penelitian Selama 60 Tahun Jakarta: Rajawali
Ibrahim dan Nur 2000 Model model Pembelajaran Mutakhir Perpaduan Indonesia Malaysia Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rizki M dkk 2022 Psikologi Pendidikan Sukoharjo: Pradina Pustaka
Magdalena I 2021 Psikologi Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Guru Sekolah Dasar Sukabumi: CV Jejak
Uyun M Warsah I 2021 Psikologi Pendidikan Sleman: Deepublish
Sutopo 2020 Metode Penelitian Kualitatif Surakarta: Sebelas Maret University Press
Dr Hamzah B Uno M Pd 2016 Orientasi Baru Dalam Psikologi pembelajaran Jakarta B A 01 39 1257 PT Bumi Aksara Prof Dr Oemar Hamalik Proses Belajar mengajar Jakarta B A 01 39 0921

ÂÂÂÂÂ