PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGENAI MATERI KELANGKAAN EKONOMI MELALUI METODE PROBLEM BASED LEARNING PBL KELAS X IIS SMA NEGERI 17 HALMAHERA SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8098Keywords:
problem-based learning model, learning outcomesAbstract
nbsp;< h1> ABSTRAK< h1>Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perubahan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah PBL Sampel penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di Kelas X IIS SMA Negeri 17 Halmahera Selatan tahun ajaran 2021 2022 Penelitian ini dilakukan di kelas individu Penelitian tindakan kelas ini dibagi menjadi dua sesi masing masing sesi terdiri dari dua pertemuan dengan empat fase Data dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi Analisis data dilakukan dengan membandingkan hasil tes pada Siklus 1 dan Siklus 2 dengan menggunakan teknik deskriptif Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa metode Problem Based Learning PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IIS di SMA Negeri 17 Halmahera Selatan pada mata pelajaran ekonomi kelangkaan Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perubahan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II Pada aspek emosional terjadi peningkatan sebesar 7 99 dan pada aspek psikomotorik terjadi peningkatan sebesar 14 51 Pada aspek kognitif sebesar 12 30 < p>
Kata Kunci: model pembelajaran berbasis masalah hasil belajar< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to identify changes in student learning outcomes using the problem based learning PBL model The sample for this research is classroom action research carried out in Class X IIS of SMA Negeri 17 South Halmahera in the 2021 2022 academic year This research was conducted in individual classes This classroom action research was divided into two sessions each session consisting of two meetings with four phases Data was collected using the observation method Data analysis was carried out by comparing test results in Cycle 1 and Cycle 2 using descriptive techniques Based on the research conducted it can be concluded that the Problem Based Learning PBL method can improve the learning outcomes of class X IIS students at SMA Negeri 17 South Halmahera on the subject of scarcity economics Based on the research results it can be concluded that there are changes in student learning outcomes from cycle I to cycle II In the emotional aspect there was an increase of 7 99 and in the psychomotor aspect there was an increase of 14 51 In the cognitive aspect it is 12 30 < p>
Keywords: problem based learning model learning outcomes< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
References
Arends Richard I 2013 Belajar Untuk Mengajar Edisi 9 Buku 2 Jakarta: Salemba Humanika
Basrowi 2008 Prosedur Penelitian Tindakan Kelas
Jakarta: Ghalia Indonesia
Saidihardjo 2004 Pengembangan Kurikulum Ilmu Pengetahuan Sosial
Yogyakarta: UNY
Sudjana N 2009 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar
Bandung: Remaja Rosdakarya
Sumarsono Sonny 2009 Teori dan Kebijakan Publik Ekonomi Sumber Daya Manusia
Yogyakarta: Graha Ilmu
Tim UPT P4 UNESA 2011 Buku Pedoman Program Pengalaman Lapangan PPL Universitas Negeri Surabaya Surabaya: Unesa University Press
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003Tentang Sistem Pendidikan Nasional 2003 Jakarta: Depdiknas

ÂÂÂÂÂ