PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS EKONOMI MATERI PENGUATAN AGRIKULTUR DI INDONESIA BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP KRISTEN LAFA KECAMATAN TELUTIH KABUPATEN MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8109Keywords:
Learning outcomes, learning activities, social studies (Economics) learning, Project Based Learning modelAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi ; dan Hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS Ekonomi dengan materi Penguatan Agrikultur di Indonesia bagi peserta didik kelas VIII SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih melalui penerapan model Project Based Learning< em> Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas Penelitian dilakukan di SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah selama dua bulan Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih Kabupaten Maluku Tengah yang terdiri dari dari 20 peserta didik Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran IPS Ekonomi tentang Penguatan Agrikultur di Indonesia melalui penerapan model Project Based Learning< em> atau pembelajaran berbasis proyek Penelitian tindakan kelas ini menyimpulkan bahwa : 1 Penerapan model Project Based Learning< em> dapat meningkatkan motivasi nbsp; belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS Ekonomi Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas atau kegiatan belajar peserta didik pada setiap siklus tindakan yang dilakukan; dan 2 Penerapan model Project Based Learning< em> dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS Ekonomi materi Penguatan Agrikultur di Indonesia bagi peserta didik kelas VIII SMP Kristen Lafa Kecamatan Telutih Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata rata hasil belajar nbsp; dan tingkat ketuntasan belajar peserta didik pada setiap siklus tindakan yang dilakukan < p>
Kata Kunci: Hasil belajar aktivitas belajar pembelajaran IPS Ekonomi model Project Based Learning< em> < strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to improve: 1 students learning activities in the social studies Economics learning process; and 2 Student learning outcomes in the social studies Economics learning process with material on Strengthening Agriculture in Indonesia for class VIII students at Lafa Christian Middle School Telutih District through the application of the Project Based Learning model This research is classroom action research The research was conducted at Lafa Christian Middle School Telutih District Central Maluku Regency for two months The research subjects were class VIII students of Lafa Christian Middle School Telutih District Central Maluku Regency consisting of 20 students The object of this research is social studies Economics learning about Strengthening Agriculture in Indonesia through the application of the Project Based Learning model or project based learning This classroom action research concluded that: 1 The application of the Project Based Learning model can increase students learning motivation in learning Social Sciences Economics This is shown by the increase in student activity or learning activities in each action cycle carried out; and 2 The application of the Project Based Learning model can improve student learning outcomes in social studies Economics material on Strengthening Agriculture in Indonesia for class VIII students at Lafa Christian Middle School Telutih District This is shown by the increase in the average value of learning outcomes and the level of learning completion of students in each action cycle carried out < p>
Keywords: Learning outcomes learning activities social studies Economics learning Project Based Learning model < strong>< p>
References
Amri Sofan 2013 Pengembangan Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013
Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Djamarah Syaiful Bahri 2010 Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif
Jakarta: Rineka Cipta
Huda Miftahul 2013 Model model pengajaran dan Pembelajaran Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Sardiman 2010 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers
Sanjaya Wina 2012 Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran Jakarta:
Kencana Prenada Media Group
Taniredja Tukiran dkk 2012 Model model Pembelajaran Inovatif Bandung:
Alfabeta
Trianto 2010 Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik
Jakarta: Prestasi Pustakaraya

ÂÂÂÂÂ