PEMBELAJARAN REMEDIAL SEBAGAI SUATU UPAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 KOTA SORONGPAPUA BARAT DAYA

Authors

  • Elisabeth R. Maliku PPG Universitas Negeri Manado
  • Sri P. Siswanti PPG Universitas Negeri Manado
  • Steven Mamanua PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8111

Keywords:

Remedial Learning, Learning Difficulties

Abstract

ABSTRAK< h2>

Artikel ini merupakan telaah pustaka tentang pembelajaran remedial sebagai upaya untuk mengatasi kesulitan belajar Berdasarkan temuan awal sebagian besar tenaga pendidik belum melaksanakan pembelajaran remedial dan belum memahami prinsip prinsip dan prosedur pembelajaran remedial Oleh karena itu penulis merasa penting untuk melakukan kajian tentang pembelajaran remedial pada tahap akhir kegiatan pembelajaran Hasil kajian yang diperoleh tentang pembelajaran remedial adalah pengertian dan karakteristik tujuan prinsip tipe pengajaran remedial prosedur dan waktu pelaksanaan remedial Penelitian ini memberikan saran operasional bagaimana memperbaiki dan mengatasi kesulitan belajar < p>

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran Remedial dalam rangka meningkatkan hasil belajar peserta didik Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori teori kependidikan sedangkan manfaat teoritis menjadi masukan bagi Dinas Pendidikan dan masukan bagi guru guru Mata IPS Ekonomi dalam rangka peningkatan kompetensi mengajar < p>

Kata Kunci: Pembelajaran Remedial Kesulitan Belajar< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

This article is a literature review of remedial learning as an effort to overcome learning difficulties Based on initial findings the majority of teaching staff have not implemented remedial learning and do not understand the principles and procedures of remedial learning Therefore the author feels it is important to conduct a study on remedial learning at the final stage of learning activities The results of the study obtained regarding remedial learning are the meaning and characteristics objectives principles types of remedial teaching procedures and timing of remedial implementation This research provides operational suggestions on how to improve and overcome learning difficulties < p>

The aim of this research is to determine the application of remedial learning in order to improve student learning outcomes The expected benefits of this research include: practical benefits namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories while the theoretical benefits become input for the Education Department and input for Social Sciences Economics teachers in in order to increase teaching competence < p>

Keywords: Remedial Learning Learning Difficulties< strong>< p>

References

Arifin Z 2009 Evaluasi Pembelajaran Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Heryanti 2018 Penilaian Hasil Belajar dan Karakter Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 2 2 Hal 118 128

Ihtiar H W 2016 Analisis Fatwa Dewan Syariah Nasional Nomor: 92 DSN MUI IV 2014 Tentang Pembiayaan Yang Disertai RAHN An Nisbah 3 1 Hal 23 38

Makmun A S 2012 Psikologi Kependidikan: Perangkat Sistem Pengajaran Modul Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Mukhtar dan Rusmini 2005 Pengajaran Remedial: Teori dan Penerapannya dalam Pembelajaran

Jakarta: PT Nimas Multima

Mulyono A 2012 Anak Berkesulitan Belajar: Teori Diagnosis dan Remediasinya Jakarta: Rineka Cipta

Oyekan S O 2013 Effect of Diagnostic Remedial Teaching Strategy on Students Achievement in Biology Journal of Educational and Social Research Vol 3 No 7 MCSER Publishing Rome Italy

Sasmedi D 2012 Pembelajaran Remedial Diakses dari http: www lpmpsulsel net v2 attachments 141_PEMBELAJARAN 20REMDIAL 20Artikel pdf tanggal 12 Oktober 2013

Suprihatiningrum J 2013 Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi Jogjakarta: Ar Ruzz Media Suryani Y E 2010 Kesulitan Belajar Magistra No 37 Th XXII Hal 33 47

Wardani dan Kasron 2009 Penerapan Model Pembelajaan Langsung Dengan Remedial Melalui Tutor Sebaya Untuk Mencapai Ketuntasan Belajar Siswa Universitas Negeri Surabaya diakses dari http: pe jurnal unesa ac id bank jurnal 7 _5 1_juni_2012_nisaul pdf tanggal 5 Oktober 2013

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PEMBELAJARAN REMEDIAL SEBAGAI SUATU UPAYA DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 3 KOTA SORONGPAPUA BARAT DAYA. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 67 75. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8111