UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASIC LEARNING KELAS VII SMP NEGERI 1 TOWUTI
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8114Keywords:
Basic Problem Learning Model, Interest in Learning EconomicsAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pengajaran berbasis masalah dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia pada peserta didik kelas VII semester ganjil di SMP Negeri 1 Towuti tahun pembelajaran 2022 2023 < p>
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK PTK ini dilakukan dengan 2 putaran yang meliputi 4 tahap yaitu: perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi Teknik analisis data dalam dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai tertinggi meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu dari 87 menjadi 93 nilai terendah dari 50 pada siklus 1 menjadi 67 pada siklus 2 Demikian juga rata rata mengalami peningkatan yaitu 6 18 pada siklus 1 menjadi 75 18 pada siklus 2 Untuk prosentase belajar juga mengalami peningkatan dari 69 pada siklus 1 menjadi 75 pada siklus 2 < p>
Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pengajaran berbasis Problem Based Learning dapat meningkatkan prestasi belajar IPS pada kompetensi dasar memahami Aktivitas memenuhi kebutuhan manusia peserta didik kelas VII semester ganjil di SMP Negeri 1 Towuti tahun pembelajaran 2022 2023 < p>
Kata Kunci: < strong>Minat< strong> Belajar< strong> Ekonomi < strong>Model Pembelajaran < strong>Problem Basic Learning< strong>< p>
< p>
< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to find out whether the application of the problem based learning model can improve social studies learning achievement in the basic competency of understanding activities to meet human needs in class VII odd semester students at SMP Negeri 1 Towuti for the 2022 2023 academic year academic year < p>
This type of research is Classroom Action Research PTK This PTK is carried out in 2 rounds which includes 4 stages namely: planning implementation observation and reflection The data analysis technique in this research is descriptive qualitative with the results of the research showing the highest increase in value from cycle 1 to cycle 2 namely from 87 to 93 the lowest value from 50 in cycle 1 to 67 in cycle 2 Likewise the average increased namely 6 18 in cycle 1 to 75 18 in cycle 2 The learning percentage also increased from 69 in cycle 1 to 75 in cycle 2 < p>
In this research it can be concluded that the Problem Based Learning model can improve social studies learning achievement in the basic competency of understanding activities to meet human needs for class VII students in odd semesters at SMP Negeri 1 Towuti for odd semesters 2022 2023 academic year < p>
Keywords: Interest in Learning Economics Basic Problem Learning Model< strong>< p>
< p>
References
Yamin Martinis 2013 Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran Jakarta: Refertensi GP Press Group
Yulianti Dwi Wiyanto 2009 Perancangan Pembelajaran Inovatif Semarang: UNNES Perss
Saefuddin A Berdiati I 2014 Pembelajaran Efektif Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Djaali Pudji Muljono 2008 Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan Jakarta: PT Grasindo Dewa Ketut Sukardi 1994 Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah Surabaya Usaha Nasional
Dimyati Mudjiono 2009 Belajar dan Pembelajaran Jakarta: PT Rineka Cipta Djaali 2007 Psikologi Pendidikan Jakarta: PT Bumi Aksara

ÂÂÂÂÂ