INOVASI PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Authors

  • Abdul Karim Ely PPG Universitas Negeri Manado
  • Cheris Laloan PPG Universitas Negeri Manado
  • Dolly Watania PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8115

Keywords:

Educational Innovation, Improving Learning Quality, Classroom Action Research

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Pesatnya perkembangan lingkungan lokal regional dan internasional saat ini berimplikasi terhadap pengelolaan penyelenggaraan pendidikan pada setiap jenjang pendidikan yang ada Untuk mengimbangi perkembangan tersebut perlu dilakukan peningkatan mutu pendidikan yang dapat dilakukan melalui inovasi inovasi pendidikan Inovasi pendidikan merupakan upaya dasar dalam memperbaiki aspek aspek pendidikan dalam praktiknya Inovasi pendidikan dapat dilakukan dari berbagai komponen salah satunya melalui komponen sistem pembelajaran Inovasi ini dapat kita lakukan melalui penelitian tindakan kelas Melalui Penelitian Tindakan Kelas PTK masalah masalah pendidikan dan pembelajaran dapat dikaji ditingkatkan dan dituntaskan sehingga proses pendidikan dan pembelajaran yang inovatif dan hasil belajar yang lebih baik dapat diwujudkan secara sistematis< p>

Kata kunci: Inovasi Pendidikan Peningkatan Kualitas Pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

The rapid development of the local regional and international environment currently has implications for the management of education at every level of education To keep pace with these developments it is necessary to improve the quality of education which can be done through educational innovations Educational innovation is a basic effort to improve aspects of education in practice Educational innovation can be carried out from various components one of which is through the learning system component We can do this innovation through classroom action research Through Classroom Action Research CAR education and learning problems can be studied improved and resolved so that innovative education and learning processes and better learning outcomes can be realized systematically < p>

Keywords: Educational Innovation Improving Learning Quality Classroom Action Research< strong>< p>

References

Arikunto S Suhardjono dan Supardi 2014 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Bumi Aksara

Hamid M 2011 Peranan PTK dalam Peningkatan Kualitas Guru Variasi ISSN: 2085 6172 Vol 2 No 6

Iskandar 2012 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Referensi

Kunandar 2013 Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru Jakarta: Rajawali Pers

Mulyasa E 2011 Praktik Penelitian Tindakan Kelas: Menciptakan Perbaikan Berkesinambungan Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusdiana H A 2014 Konsep Inovasi Pendidikan

Bandung: Pustaka Setia

Salahudin Anas 2011 Filsafat Pendidikan

Bandung: Pustaka Setia

Suhardjono 2011 Pertanyaan dan Jawaban di Sekitar Penelitian Tindakan Kelas dan Tindakan Sekolah Malang: Cakrawala Indonesia

Supardi dan Suhardjono 2011 Strategi Menyusun Penelitian Tindakan Kelas Yogyakarta: Andi Offset

Trianto 2011 Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep Landasan dan Implementasinya pada KTSP Jakarta: Kencana

Winatapura U S 2013 Pembaruan dalam Pembelajaran di SD Jakarta: Universitas Terbuka

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

INOVASI PENDIDIKAN DALAM RANGKA PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MELALUI PENELITIAN TINDAKAN KELAS. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 76 84. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8115