PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI PESERTA DIDIK KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 1 RAJA AMPAT TAHUN PELAJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8117Keywords:
Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Prestasi BelajarAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat tahun ajaran 2022 2023 melalui pembelajaran model Problem Based Learning< em> < p>
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis angket dan observasi Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket < p>
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II pada kuesioner motivasi belajar peserta didik sebesar 8 86 pada kategori tinggi dan sangat tinggi Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan Pada siklus I sebesar 64 5 atau sebanyak 20 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal Pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 77 14 atau sebanyak 24 peserta didik Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning < em>Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Peserta didik Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat Tahun Ajaran 2022 2023 < p>
Kata Kunci : Problem Based Learning < em>Motivasi Belajar Prestasi Belajar < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat tahun ajaran 2022 2023 melalui pembelajaran model Problem Based Learning< em> < p>
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus Analisis data pada penelitian ini berpedoman pada analisis Statistik Deskriptif dengan Persentase Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis angket dan observasi Motivasi peserta didik dilihat dengan menggunakan observasi dan angket < p>
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II pada kuesioner motivasi belajar peserta didik sebesar 8 86 pada kategori tinggi dan sangat tinggi Sedangkan peningkatan prestasi belajar ditandai dengan bertambahnya peserta didik yang nilainya mencapai kriteria ketuntasan minimal secara keseluruhan Pada siklus I sebesar 64 5 atau sebanyak 20 peserta didik mencapai kriteria ketuntasan minimal Pada siklus II terjadi peningkatan peserta didik yang mencapai nilai ketuntasan minimal sebesar 77 14 atau sebanyak 24 peserta didik Jadi dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Problem Based Learning < em>Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Ekonomi Peserta didik Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Raja Ampat Tahun Ajaran 2022 2023 < p>
Kata Kunci : Problem Based Learning < em>Motivasi Belajar Prestasi Belajar < strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
References
Admin 2002 Projek DIE like UI 2002 tentang Problem Based Learning
Diakses melalui https: scele ui ac id Pada tanggal 23 November 2023 Admin 2003 UU No 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional
Diakses melalui https: kemenag go id Pada tanggal 23 November 2023
Admin 2015 Rakornas Pendidikan dan Pembelajaran Sepanjang Hayat Untuk Semua tentang Education for All Development Index EDI Diakses melalui www kemenkopmk go id Pada tanggal 23 November 2023
Amir M 2009 Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning Jakarta: Perdana Media Group
Akbar Sa dun 2013 Instrumen Perangkat Pembelajaran Bandung: Remaja Rosdakarya
Arikunto Suharsini 2003 PRosedur Penelitian Suatu Praktik Jakarta: Bina Aksara
Cahyo A N 2013 Panduan Aplikasi Teori teori Belajar Mengaja Jakarta: Raja Grafindo Persada
Hamalik Oemar 2003 Proses Belajar Mengajar Jakarta: Bumi Aksara Hamdayana Jumanta 2014 Model dan Metode Pmbelajaran Kreatif Jakarta:Ghalia Indonesia
Hamdu dan Agustina 2011 Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Jakarta: Bina Aksara
Hamzah B Uno 2008 Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis Dibidang PEndidikan Jakarta: Bumi Aksara
Jauhar M 2011 Implementasi Paikem dari Behaviouristik sampai Kontrivistik Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL Contextual Teaching Learning Jakarta: Prestasi Pustakarya
Lestari Nyoman Sri Pengaruh model pembelajran berbasis masalah Problem Based Learning dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa IPA disekolah dasar Jurnal Penelitian Pendidikan kelas VII SMP http: 119 252 161 254 ejournal index php jurnal_tp article view 297 91 Hal 15
Marno dan M Idris 2010 Strategi dan Metode Pengajaran Jogjakarta: Ar ruzz Media Group
Muhson Ali Peningkatan Minat Belajara dan Oemahaman Mahaiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning https: journal uny ac id index php jk article view 203 116 Hal 174 sd 175
Nasution 2000 Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar
Jakarta: Bumi Aksara
Ngalim Purwanto 2007 Psikologi Pendidikan Rmaja Bandung: Rosdakarya Rosidah Ratna 2014 Penerapan Model Problem Based Learning PBL pada
Pembelajaran Hukum Hukum Dasar Kimia Ditinjau dari Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013 2014 http: www jurnal fkip uns ac id index php kimia article vie 4244 2988 Hal 15
Sadia I wayan 2007 Pengembangan Kemampuan Berpikir Formal Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dan Cycle Learning Dalam Pembelajaran
Sardiman 2001 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers
Slavin Robert E 2009 Cooperative Learning Teori Riset Praktik Bandung: Nusa Media
Siregar E 2014 Teori Belajar dan Pembelajaran Bogor: Ghalia Indonesia Suparno Paul 2010 Filsafat Konstuktivisme Dalam Pendidikan Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono 2012 Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R D Bandung: Alfabeta
Suryabrata Sumadi 2005 Pengembangan Alat Ukur Psikologis Yogyakarta : Andi
Skujur B Solikhin Pengaruh Based Learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajr siswa tingkat smk

ÂÂÂÂÂ