PENGGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP ISLAM 1 KOTA TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8118Keywords:
Learning Media, canvas, Motivation to LearnAbstract
nbsp;< em>< p>
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran berbasis canva dapat meningkatkan motivasi belajar siswa siswi pada pembelajaran IPS dikelas VIII pada SMP Islam 1 Kota Ternate Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan alat pengumpulan data berupa wawancara observasi angket dan dokumentasi Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling Adapun subjek penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah siswa siswi kelas VIII 1 di SMP Islam 1 Kota Ternate Berdasarkan hasil uji coba media pembelajaran berbasis canva terhadap siswa siswi kelas VIII 1 di Islam 1 Kota Ternate menunjukan sebuah tanggapan yang sangat positif terhadap motivasi belajar siswa dimana respon dari siswa maupun siswi terhadap media pembelajaran berbasis canva sangatlah setuju jika diterapkan dalam proses pembelajaran Bisa disimpulkan bahwa media belajar berbasis canva pada materi pembelajaran IPS mampu meningkatkan motivasi belajar siswa siswi kelas VIII 1 di Islam 1 Kota Ternate < p>
Kata kunci : Learning Media; Canva; Learning Motivation< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The aim of this research is to find out whether Canva based learning media can increase students learning motivation in class VIII social studies at SMP Islam 1 Ternate City This research uses qualitative research with data collection tools in the form of interviews observation questionnaires and documentation The research subject selection technique uses probability sampling with a simple random sampling technique The research subjects chosen by the researcher were students in class VIII 1 at Islamic Middle School 1 Ternate City Based on the results of the Canva based learning media trial on students in class VIII 1 Islam 1 Ternate City it showed a very positive response to student learning motivation where students and female students responses to Canva based learning media strongly agree that it is applied in the learning process It can be concluded that Canva based learning media on social studies learning materials is able to increase the learning motivation of class VIII 1 students at Islam 1 Ternate City < p>
Keywords: Learning Media; canvas; Motivation to learn< strong>< p>
References
Andriani R Rasto R 2019 Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa
Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 1 80
https: doi org 10 17509 jpm v4i1 14958
Arkandito G F Maryani E Rahmawan D Wirakusumah K 2016 Jurnal manajemen
komunikasi 1 1 42 56
Daniati N Darliana E Alwina S 2022 Korelasi Pengaruh Media Sosial Tik Tok
Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ips Semester V STKIP Al Maksum Langkat Berbasis Sosial 3 1 38 44
Dasar S S Shafa I Siregar Z 2022 Jurnal basicedu 6 2 2754 2761
Fajri Z Dewi Riza I F Azizah H Sofiana Y Ummami U Andila A 2022
Pemanfaatan Media Pembelajaran VisualBerbasis Apilkasi Canva dalam Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Anak Usia Dini di PAUD Al Muhaimin
Bondowoso Equilibrium: Jurnal Pendidikan
3 397 408 https: doi org 10 26618 equilibrium v10i3 8583
Hapsari G P P Zulherman 2021 Pengembangan Media Video Animasi
Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Jurnal Basicedu 5 4 2384 2394 https: jbasic org index php basicedu article view 1237
Hariadi S Ilmu P Sosial P Pascasarjana P Malang U K 2017 PENGARUH
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN LCD Samsul Hariadi Bahwa nasional terutama berkaitan dengan Undang bahwa laboratorium dan media pembelajaran menyenangkan bagi peserta didik Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS 11 1 100 110
Indonesia R 2003 Presiden republik indonesia
Lkp P Masa P 2021 JOLL 4 1 2021 Journal Of Lifelong Learning 4 1
Magdalena I Fatakhatus Shodikoh A Pebrianti A R Jannah A W Susilawati I
Tangerang U M 2021 Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi EDISI: Jurnal Edukasi Dan Sains 3 2 312
https: ejournal stitpn ac id index php edisi
Nilamsari N 2014 Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif Wacana 13 2
181 Nillofa Ende A M Jasril I R Jaya P 2022 Perancangan dan Pembuatan E Modul
Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika JTEV Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional 8 2 193 https: doi org 10 24036 jtev v8i2 117118
Novianti Y 2022 Peran pendidikan dalam proses pembudayaan sebagai strategi
transformasi budaya pada era milenial Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah
Dasar IPA IPS Dan Bahasa Inggris 4 1 11 17
https: jurnal stkipalmaksum ac id index php Sintaksis
Putra F W Agama I Sumatera I 2014 MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL Nora Afnita Dian Puspita Sari Arif Arafat Joni Indra Wandi
Rahmatullah R Inanna I Ampa A T 2020 Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12 2 317 327
Resmini S Satriani I Rafi M 2021 penggunaan aplikasi canva sebagai media pembuatan bahan ajar dalam pembelajaran bahasa Inggris Abdimas Siliwangi 4 2 335 343 https: journal ikipsiliwangi ac id index php abdimas siliwangi article view 6859
Sulastri Imran Firmansyah A 2014 Meningkatkan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran IPS di Jurnal Kreatif Online 3 1 90 103 https: media neliti com media publications 113571 ID meningkatkan hasil belajar siswa melalui pdf
Prof Dr Sugiono 2016 Metode Penelitian ALFABETA www cvalfabeta com

ÂÂÂÂÂ