PENERAPAN METODE INQUIRY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP 13 MALUKU TENGAH PADA MATERI KELANGKAAN SEBAGAI MASALAH EKONOMI TAHUN AJAR 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8119Keywords:
Inquiry Method, Learning Outcomes, StudentsAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Penelitian ini mempunyai tujuan yakni guna mengetahui penerapan metode inquiry untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 7 SMP 13 Maluku Tengah Penelitian ini mempunyai manfaat secara peraktis yaitu sebagai bahan refrensi bagi penulis lain yang mau meneliti tentang metode pembelajaran inquiry Dan penelitian ini juga memiliki manfaat secara teoritis yaitu menjadi sarana masukan atau rujukan bagi Guru mata pelajaran ekonomi dalam meningkatkan hasil belajar siswa< p>
Metode Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode yang dipakai pada penelitian ini setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan barulah dimulai pengumpulan data perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2 digunakan untuk menganalisis data Adapun populasi pada peneitian ini yakni kelas 7 SMP 13 Maluku Tengah sebanyak 33 Siswa < p>
Hasil dari penelitian ini yakni hasil belajar siswa kelas 7 pada materi kelngakaan adalah permasalahan ekonomi dengan menggunakan metode inquiry terjadi peningkatan yang sesuai dengan target peneliti yakni diatas kkm yaitu 75 pada siklus 2 Keberhasilan ini tentunya karena penggunaan metode inquiry yang berbeda dengan metode konvensional yang sering dipakai oleh Guru dikelas< p>
Kata Kunci: Metode inquiry Hasil Belajar Siswa< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
This research aims to determine the application of the inquiry method to improve the learning outcomes of grade 7 students at SMP 13 Central Maluku This research has practical benefits namely as reference material for other writers who want to research inquiry learning methods And this research also has theoretical benefits namely being input or reference material for economics teachers in improving student learning outcomes< p>
The Classroom Action Research Method is the method used in this research After teaching and learning activities were carried out data collection began comparison of the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2 was used to analyze the data The population in this study was class 7 of SMP 13 Central Maluku totaling 33 students < p>
The results of this research are the learning outcomes of grade 7 students on the subject of scarcity economic problems By using the inquiry method there was an increase in accordance with the researcher s target namely above the kkm namely 75 in cycle 2 This success was of course due to the use of an inquiry method that was different from the conventional method which was often used used by teachers in class< p>
Keywords: Inquiry Method Learning Outcomes Students< strong>< p>
References
Ali Mohammad 1993 Strategi Penelitian Pendidikan Bandung: Angkasa Anni Cataraina 2007 Psikologi Belajar Semarang: UPT UNNES
Amri dan Ahmadi 2011 Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas
Jakarta: Prestasi Pustaka
Hamalik Oemar 2011 Proses Belajar Mengajar: PT Bumi Aksara Hamdani 2011 Strategi Belajar Mengajar Bandung: Pustaka Setia
Mulyasa 2009 Prakter Penelitian Tindakan Kelas Bandung:PT Remaja Rosdakarya Offset
Mulyasa 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bandung : Remaja Rosdakarya
Muslich Mansur 2009 Melaksanakan PTK Itu Mudah Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman 2007 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar Jakarta: Rajawali Pers Sri Marwati Rahayu M dan Slameto S 2011 Dinasti Wonosobo: Anggara
Putra Mandiri
Sudjana 2009 Model Statistik edisi ke 6 Bandung : Tarsito
Suharsimi Arikunta 2006 Prosedur Penelitian Jakarta : PT Asdi Mahasatya
Suharsimi Arikunto 2009 Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan Jakarta : Bumi Aksara
Trianto 2011 Model Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik Jakarta: Prestasi Pustaka
Thobroni dan Mustofa 2011 Belajar dan Pembelajaran Jogjakarta: AR RUZZ MEDIA

ÂÂÂÂÂ