MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 HALMAHERA TIMUR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KRATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK

Authors

  • . Gusnan PPG Universitas Negeri Manado
  • Jetty D. Lempas PPG Universitas Negeri Manado
  • Niny Makaliwe PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8120

Keywords:

Think-Pair-Share cooperative learning model, learning outcomes, impact of pollution on human health and the environment

Abstract

nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; ABSTRAK< h1>

nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran kooperatif model Think Pair Share < em>dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Asisten Keperawatan nbsp; SMK Negeri 2 Halmahera Timur pada mata pelajaran Pruduk Kreatif dan Kewirausahaan? Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Halmahera Timur pada siswa kelas XI Asisten Keperawatan yang terdiri dari 12 orang siswa Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran model Think Pair Share < em>dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pruduk Kreatif dan kewirauasahaan Prosedur penelitian ini terdiri dari dua siklus Teknik pengumpulan data difokuskan melalui observasi guru dan siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 10 orang 80 sedangkan hasil pada siklus II 12 orang yang telah mencapai kriteria ketuntasan minimal 100 Ini membuktikan bahwa pembelajarn kooperatif model think pair share dapat meningkatkan hasil belajar siswa < p>

Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif model Think Pair Share hasil belajar dampak polusi terhadap kesehatan manusia dan lingkungan < em>< strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp;< p>

nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp; nbsp;ABSTRACT< strong>< p>

The problem in this research is whether cooperative learning with the Think Pair Share model can improve the learning outcomes of class XI Nursing Assistant students at SMK Negeri 2 East Halmahera in the subjects of Creative Products and Entrepreneurship? This research was carried out at SMK Negeri 2 East Halmahera on class XI Nursing Assistant students consisting of 12 students The aim to be achieved in this research is to describe the Think Pair Share learning model in improving student learning outcomes in Creative Product and Entrepreneurship subjects This research procedure consists of two cycles Data collection techniques are focused on observing teachers and students The results of the research showed that in cycle I the number of students who completed it was 10 people 80 while the results in cycle II were 12 people who had reached the minimum completeness criteria 100 This proves that cooperative learning with the think pair share model can improve student learning outcomes < p>

Keywords: Think Pair Share cooperative learning model learning outcomes impact of pollution on human health and the environment < strong>< p>

References

Arikunto S 2009 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Bumi Aksara Arends 1997 Introduction to Psychology

Depdiknas 2006 Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan KTSP Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah

Djaeng Maxinus 2007 Belajar dan Pembelajaran Matematika Palu: FKIP Universitas Tadulako Palu

Hamalik 2003 Metode Belajar dan Kesulitan Belajar Bandung: Tarsito

Idayu Ria Pramudyanti S Si Ilmu Pengetahuan Alam SMK 2b Klaten Selatan

Ibrahim 2000 Model Think Pair Share TPS Jakarta: PT Rineka cipta

Muslich Masnur 2009 Melaksanakan PTK Itu Mudah Classroom Action Research Jakarta: Bumi Aksara

Sagala Syaiful 2011 Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar Bandung: Alfabeta

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 2 HALMAHERA TIMUR PADA MATA PELAJARAN PRODUK KRATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL THINK. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 114 121. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8120