PEMBELAJARAN YANG INOVATIF PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA

Authors

  • Halim Antula PPG Universitas Negeri Manado
  • Marlyn Londa PPG Universitas Negeri Manado
  • Cleiment Gerungan PPG Universitas Negeri Manado

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8124

Keywords:

Innovative Learning, Project Based Learning, Learning Outcomes, Students

Abstract

ABSTRAK< strong>< p>

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini antara lain : manfaat praktis yakni dapat menjadi referensi bagi para pembaca dan menjadi sarana penulis dalam mendalami teori teori kependidikan < p>

Project Based Learning adalah metode pembelajaran yang dapat diterapkan pada semua jenjang pendidikan Dalam metode pembelajaran ini pendidik berperan sebagai fasiliator Project Based Learning bertujuan untuk menemukan pemecahan masalah disamping itu juga agar peserta didik mempelajari konsep cara pemecahan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis Dalam mempelajari konsep dan kemampuan berpikir kritis tersebut peserta didik bekerja secara bersama sama dalam kelompoknya untuk mengkaji masalah masalah riil Pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran ini diharapkan dapat membuat peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif dengan belajar dari apa yang mereka lihat dari lingkungannya < p>

Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Tindakan Kelas pengumpulan data dilakukan setelah kegiatan belajar mengajar dilakukan sedangkan untuk menganalisis data yang di peroleh melalui perbandingan hasil yang diperoleh siswa di siklus 1 dan siklus 2 Yang menjadi populasi adalah semua siswa kelas XI IPS SMA Negeri 8 Gorontalo Utara sebanyak 17 siswa sampelnya diambil dari keseluruhan populasi < p>

Dari penelitian terhadap aspek aspek tersebut maka dapat di simpulkan bahwa penerapan Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning dalam proses belajar mengajar di SMA Negeri 8 Gorontalo Utara oleh Guru Guru sudah optimal namun perlu adanya usaha untuk peningkatan kualitas mengajar guru yaitu dengan upaya upaya seperti pelatihan secara terpadu dalam pengembangan K 13 Kurikulum 2013 dalam penggunaan dan pembuatan media sumber secara sederhana oleh guru serta perlu adanya penyediaan sarana yang lebih baik dan efisien berupa penambahan jaringa Wifi dan Proyektor di ruang kelas agar membantu proses pembelajaran di kelas < p>

Kata Kunci nbsp; : nbsp; Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning Hasil Belajar Siswa< strong>< p>

nbsp;< p>

nbsp;< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

ABSTRACT< strong>< p>

The aim of this research is to determine the application of innovative project based learning in order to improve student learning outcomes The expected benefits of this research include: practical benefits namely that it can serve as a reference for readers and become a means for writers to explore educational theories < p>

Project Based Learning is a learning method that can be applied at all levels of education In this learning method the educator acts as a facilitator Project Based Learning aims to find solutions to problems besides that students also learn the concept of how to solve problems and develop critical thinking skills In studying the concepts and critical thinking skills students work together in groups to examine real problems It is hoped that learning by applying this learning method can make students more active and creative by learning from what they see in their environment < p>

This research uses the Classroom Action Research Method data collection is carried out after teaching and learning activities have been carried out while analyzing the data obtained through comparing the results obtained by students in cycle 1 and cycle 2 The population is all students of class XI IPS SMA Negeri 8 Gorontalo North as many as 17 students the sample was taken from the entire population < p>

From the research on these aspects it can be concluded that the application of Innovative Project Based Learning in the teaching and learning process at SMA Negeri 8 Gorontalo Utara by the teachers is optimal but efforts are needed to improve the quality of teacher teaching namely by efforts efforts such as integrated training in the development of K 13 2013 Curriculum in the use and creation of simple media resources by teachers as well as the need to provide better and more efficient facilities in the form of adding Wifi networks and projectors in classrooms to help the learning process in the classroom < p>

Keywords: Innovative Learning Project Based Learning Learning Outcomes Students< strong>< p>

nbsp;< strong>< p>

References

Gijbels D Dochy F dan Van de Bossche F 2005 Effects of The Problem Based Learning A Meta analysis from theAngle Measurement Journal Review of Educational Research Vol 75 27 49

Global School Net 2000 Introduction to Networked Project Based Learning http: www gsn org web pbl whatis htm diuduh pada 1 Oktober 2014 pukul 22:10 WIB

Waras Kamdi 2007 Pembelajaran Berbasis Proyek: Model Potensial untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran http: lubisgrafura wordpress com diunduh pada 1 Oktober 2014 pukul 22 00 WIB

Arikunto Suharsimi 2006 Penelitian Tindakan Kelas Bumi Aksara Jakarta

Agib Zainal 2003 Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Insan Cendekia Surabaya

Dimyati dan Mudjiono 2002 Belajar dan Pembelajaran Rineka Cipta Jakarta

Hakim Thursan 2002 Belajar Secara Efektif Puspa Swara Jakarta

Hayati Mimin 2007 Model dan Teknik Penelitian Ruang Persada Press Jakarta

Margono S 2005 Metodologi Penelitian Pendidikan Rineka Cipta Jakarta

Majid Abud 2006 Perencanaan Pembelajaran PT Remaja Rosdakarya Bandung

Mukhtar dan Rusmini 2003 Pembelajaran yang Inovatif Project Based Learning Teori dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Tifa Mulis Sejahtera Jakarta

Sabri Ahmad 2006 Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching Bumi Aksara Jakarta

Sardiman A M 2002 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar PT Raja Grafindo Jakarta

Sudjana nana dan Ibrahim 2001 Penelitian dan Penelitian Pendidikan

Sumadi Suryabrata 2003 Metodologi Penelitian PT Raja Grafindo Persada Jakarta

Suwarsi Madya 2006 Teori dan Praktek Penilaian Tindakan Alfabet Bandung

Usman Uzer dan Lilis Setiawati 2001 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar PT Remaja Rosdakarya Bandung

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

PEMBELAJARAN YANG INOVATIF PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SMA NEGERI 8 GORONTALO UTARA. (2025). Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 133 142. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8124