PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI I BIAK BARAT TAHUN AJARAN 2022 2023
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i1s.8125Keywords:
learning outcomes, improvement, learning modelAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya penerapan model pembelajaran Problem Based Learning< em> PBL dapat meningkatkan minat belajar nbsp;siswa kelas XI IPS 1 pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2022 2023 Penelitian yang dilakukan yaitu dengan metode Penelitian Tindakan Kelas PTK yang dilaksanakan selama dua siklus yang masing masing siklus dilalui menjadi empat tahap penelitian yaitu: 1 Perencanaan; 2 Pelaksanaan; 3 Pengamatan; dan 4 Evaluasi dan Refleksi Dalam peneltian ini subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2023 2024 Siswa kelas XI IPS 1 yang berisi 21 siswa dengan komposisi 15 siswa perempuan dan 6 siswa laki laki Penelitian ini dilaksanakan dengan cara berkolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran ekonomi kelas XI Teknik pengumpulan data menggunakan cara observasi wawancara dokumentasi dan tes Hasil penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning PBL menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar mata pelajaran ekonomi dapat dilihat dari siswa yang memperoleh nilai lebih dari kriteria ketuntasan minimal KKM Dapat dibuktikan sebelum adanya tindakan presentase hasil belajar siswa hanya 19 04 setelah dilakukan tindakan siklus I hasil belajar siswa terlihat mencapai hasil 38 09 dan setelah dilakukan tindakan siklus II menjadi 85 71 Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning PBL dalam mata pelajaran ekonomi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Biak Barat Tahun Ajaran 2022 2023 < p>
Kata kunci: hasil belajar peningkatan model pembelajaran< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
The purpose of this research is to determine whether the application of the Problem Based Learning PBL learning model can increase students interest in studying in class XI IPS 1 in economic subjects at SMA Negeri 1 Biak Barat for the 2022 2023 academic year The research carried out was using the Classroom Action Research PTK method which was carried out over two cycles each cycle passing into four research stages namely: 1 Planning; 2 Implementation; 3 Observation; and 4 Evaluation and Reflection In this research the research subjects were all students of class XI IPS 1 SMA Negeri 1 Biak Barat for the 2023 2024 academic year Class XI IPS 1 students contain 21 students with a composition of 15 female students and 6 male students This research was carried out in collaboration with the class XI economics teacher Data collection techniques use observation interviews documentation and tests The results of this research show that the application of the Problem Based Learning PBL learning model shows an increase in learning outcomes in economics subjects which can be seen from students who get more scores than the minimum completeness criteria KKM It can be proven that before the action the percentage of student learning outcomes was only 19 04 after the first cycle actions were carried out the student learning outcomes were seen to have achieved 38 09 and after the second cycle actions were carried out it was 85 71 Based on research it can be concluded that the Problem Based Learning PBL learning model in economics subjects can improve the learning outcomes of class XI IPS 1 students at SMA Negeri 1 Biak Barat for the 2022 2023 academic year < p>
Key words: learning outcomes improvement learning model< strong>< p>
References
Apriliautami W 2018: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Penggunaan Aplikasi Rangkuman Materi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Kompetensi Dasar Jurnal Umum Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Tahun Ajaran 2017 2018 Skripsi Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
https: eprints uny ac id 59719 1 SKRIPSI_Wulan 20Apriliautami pdf Diakses pada tanggal 4 Oktobe 2022 pukul 03 21 WIB
Arikunto dan Suhardjono 2019 Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: PT Bumi Aksara
Djumali Hidayati N E 2016 Metode edutainment humanizing the classroom dalam bentuk moving class terhadap hasil belajar Jurnal Pendidikan 26 1 1412 3835
Hadinata L K Utaya S Setyosari P 2017 Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achivement Division STAD dan Diskusi terhadap Hasil Belajar IPA Kelas
IV Jurnal Teori Penelitian dan Pengembangan 2 7 979 985 Harsono 2019 Metode Penelitian Pendidikan Sukoharjo: Jasmine
Khohar M A Ruminiati Munzil 2016 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Kandat Kediri Jurnal Teori Penelitian dan Pengembangan 1 9 1869 1873
Muti ah 2017: Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Division STAD dalam Pembelajaran Ekonomi Kelas XI SMA Tahun Ajaran 2016 2017: Universitas Muhammadiyah Surakarta http: v2 eprints ums ac id archive etd 55953 6 Diakses pada tanggal 2 Oktober 2022 pukul 15 30 WIB
Musfiqon 2018 Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan Jakarta
Prestasi Pustakarya
Nuraini A 2019 Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning PBL untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Persamaan Dasar Akuntansi Kelas X Akuntansi SMK Prawira Marta Tahun Ajaran 2016 2017 Skripsi Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta http: v2 eprints ums ac id archive etd 54115 Diakses pada tanggal 2 Oktober 2022 pukul 09 26 WIB
Rohmah W Rahmawati 2018 Pengaruh kemandirian belajar dan presepsi kompetensi keguruan terhadap prestasi akademik mahasiswa program studi pendidikan akuntansi Jurnal Pendidikan Vol 23 No 1 29 40
Sudarto dan Setiawati Y 2019 Prestasi belajar mata pelajaran ekonomi kelas unggulan ditinjau dari aspek pemilihan motivasi belajar dan sarana penunjang pembelajaran Jurnal Pendidikan 24 1
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

ÂÂÂÂÂ