PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEPAHAMAN PELAJARAN EKONOMI MATERI ALAT PEMBAYARAN DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA
DOI:
https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8126Keywords:
Economics, Problem Base LearningAbstract
ABSTRAK< strong>< p>
Dari beberapa model pembelajaran yang ada model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning< em> Pembelajaran Problem Based Learning< em> adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari hari siswa Dalam pembelajaran ini siswa harus dapat mengembangkan ketrampilan dan pemahaman konsep perekonomian untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari hari < p>
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: a Apakah Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi? b nbsp; Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran nbsp; Ekonomi nbsp; nbsp; nbsp; dengan diterapkannya metode Pembelajaran Problem Based Learning< em>?< p>
Tujuan dari penelitian ini adalah: a Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar nbsp; Ekonomi b Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran nbsp; Ekonomi nbsp; nbsp; nbsp; setelah diterapkannya Pembelajaran Problem Based Learning< em> < p>
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan action research< em> sebanyak tiga putaran Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan kegiatan dan pengamatan refleksi dan refisi Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif lembar nbsp; observasi kegiatan belajar mengajar < p>
Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Problem Based Learning nbsp; dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ekonomi < p>
Kata Kunci: Ekonomi Problem Based Learning< em>< strong>< p>
nbsp;< strong>< p>
ABSTRACT< strong>< p>
Of the several existing learning models the learning model that is interesting and can trigger increased student reasoning is the Problem Based Learning model Problem Based Learning is a brain friendly teaching system that produces meaning by connecting academic content with the context of students daily lives In this learning students must be able to develop skills and understanding of economic concepts to apply them in everyday life < p>
This research is based on the problem: a Does Problem Based Learning have an effect on Economics learning outcomes? b How high is the level of mastery of Economics subject matter with the application of the Problem Based Learning method?< p>
The aim of this research is: a To reveal the influence of Problem Based Learning on Economics learning outcomes b Want to know how far the understanding and mastery of Economics subjects is after implementing Problem Based Learning < p>
This research uses three rounds of action research Each round consists of four stages namely: design activities and observations reflection and revision The target of this research is Class X students of SMA Negeri 1 Mawasangka The data obtained is in the form of formative test results observation sheets of teaching and learning activities < p>
The conclusion of this research is that the cooperative method of the Problem Based Learning model can have a positive influence on the learning motivation of Class< p>
Keywords: Economics Problem Based Learning< strong>< p>
References
DAFTAR PUSTAKA
2003 Proses Belajar Mengajar Cet Ke 2 Jakarta: PT Bumi Aksara
Arikunto Suharsimi 2005 Manajemen Penelitian Jakarta: PT Asdi Mahasatya
Djamarah Syaiful Bahri dan Zaini Aswan 1996 Strategi Belajar Mengajar Jakarta: PT Rineka Cipta
Hadi Sutrisno 1994 Metodologi Researh: untuk Penulisan Paper Tesis dan Disertasi Cet Ke 21 Yogyakarta: Andi Offset
Hamalik Oemar 2008 Kurikulum dan Pembelajaran Cet Ke 8 Jakarta: PT Bumi Aksara
Kao John 1989 Enterpreneurship Creativity and Organization and Value Adding Process Singapore Prentice Press
Kotler Phillip 1987 Dasar dasar Pemasaran terjemahan Jilid 1 Jakarta:Intermedia
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ekonomi SMA Jakarta: BSNP
Lie Anita 2008 Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang ruang Kelas Cet Ke 6 Jakarta: Grasindo
Nasution 2006 Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar Cet Ke 10 Jakarta: Bumi Aksara
Soekanto Soerjono 1986 Pengantar Penelitian Hukum Jakarta: UI Press Sudjana Nana 1995 Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Surakhmad Winarno 1994 Pengantar Ilmu Dasar Metode dan Teknik Bandung: CV Tarsito
Tafsir Ahmad 1996 Metodologi Pengajaran Ekonomi Bandung: Remaja Rosda Karya
Usman Moh Uzer dan Setiawati Lilis 1993 Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar Bandung: PT Remaja Rosda Karya

ÂÂÂÂÂ